Jawa Pos

Wasit Indonesia Terkendala Bahasa

-

INDONESIA tampil di pentas dunia? Mungkin itu bisa dirintis dengan meningkatk­an kualitas pengadil lapanganny­a. Apalagi, Indonesia sudah punya lima wasit berlisensi FIFA plus tujuh asisten wasit lainnya.

Thoriq Alkatiri salah satunya. Wasit jebolan Fakultas Ilmu Keolahraga­an Universita­s Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, tersebut musim ini sudah beredar di level Liga Champions Asia. Sayang, dia belum berkesempa­tan tampil sebagai wasit utama.

’’Thoriq masih jadi wasit keempat alias cadangan,’’ terang Ngadiman Asri dari Departemen Wasit PSSI.

Menurut dia, banyak yang harus ditingkatk­an jika wasit Indonesia ingin bertugas di level dunia. Terutama Piala Dunia. Bahasa menjadi kendala utama. ’’Kalau dibandingk­an dengan wasit India, Jepang, Singapura, bahkan Malaysia, sejauh ini masih belum bisa ngejar,’’ ujarnya.

Namun, Purwanto menepisnya. Mantan wasit FIFA yang kini berkecimpu­ng di Komite Wasit PSSI itu menilai, bahasa bukanlah persoal- an utama. ’’Ibarat Liga 1, wasit Indonesia ini masih di level Liga 2 atau 3. Butuh waktu untuk naik,’’ terang Purwanto.

Purwanto juga lega karena musim ini Liga Indonesia tidak menggunaka­n jasa wasit asing. Menurut dia, wasit asing tidak berdampak langsung terhadap performa wasit lokal. ’’Jadi, kalau misinya ke Piala Dunia itu impian semua wasit. Tapi juga harus realistis, harus melewati step-by-step dulu,’’ beber pria asal Kediri tersebut.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? TINGKATKAN SKILL: Thoriq Alkatiri (kanan) saat memimpin laga uji coba Persipura Jayapura melawan Persela Lamongan (9/3).
ANGGER BONDAN/JAWA POS TINGKATKAN SKILL: Thoriq Alkatiri (kanan) saat memimpin laga uji coba Persipura Jayapura melawan Persela Lamongan (9/3).
 ?? PETER POWELL/EPA ?? SUDAH PENSIUN: Howard Webb (kanan) saat memimpin laga Brasil melawan Cile di Piala Dunia 2014. Setelah Webb pensiun, Inggris tidak punya lagi wasit di Piala Dunia.
PETER POWELL/EPA SUDAH PENSIUN: Howard Webb (kanan) saat memimpin laga Brasil melawan Cile di Piala Dunia 2014. Setelah Webb pensiun, Inggris tidak punya lagi wasit di Piala Dunia.
 ?? REUTERS ?? TIBA DI BOGOTA: Presiden Kolombia Juan Manuel Santos (kiri) didampingi mantan bomber timnas Prancis David Trezeguet menyambut kedatangan trofi Piala Dunia di Bogota kemarin.
REUTERS TIBA DI BOGOTA: Presiden Kolombia Juan Manuel Santos (kiri) didampingi mantan bomber timnas Prancis David Trezeguet menyambut kedatangan trofi Piala Dunia di Bogota kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia