Jawa Pos

Sediakan Empat Ban karena Suhu Tinggi

-

TERMAS DE RIO HONDO – Michelin tidak mau setengah-setengah dalam menyongson­g balapan seri kedua MotoGP di Argentina akhir pekan ini. Suhu udara tinggi dan permukaan aspal yang abrasif adalah ujian berat bagi pabrikan ban asal Prancis tersebut. Untuk menghindar­i masalah pelik yang terjadi pada dua musim terakhir, Michelin melakukan terobosan tahun ini.

Masalah baru bisa saja muncul lantaran ada beberapa bagian lintasan yang diaspal ulang. Untuk itu, Michelin telah meminta Dorna selaku penyelengg­ara MotoGP memberikan dispensasi agar bisa membawa empat jenis ban ke Argentina akhir pekan ini. Itu berarti ada tambahan satu jenis ban dari tahun lalu yang hanya tiga.

Michelin sendiri tidak memiliki kesempatan untuk melakukan uji coba di sirkuit tersebut setelah adanya proyek pengaspala­n ulang. Dengan waktu yang sempit, pemasok ban tunggal MotoGP tersebut tidak ingin mengambil risiko dengan hanya memberikan pilihan terbatas kepada pembalap akhir pekan ini.

Dispensasi pun diberikan oleh Dorna. Untuk akhir pekan ini, akan tersedia satu set ban soft, dua jenis medium dengan karakter berbeda, dan hard. Semua ban memiliki profil simetris pada dua sisi. Pengecuali­an adalah ban belakang hard yang lebih tebal pada sisi kiri. Sebab, Sirkuit Termas de Rio Hondo memiliki lebih banyak tikungan ke kiri daripada kanan. Sembilan berbanding lima.

’’Sirkuit ini bisa sangat panas. Tingkat abrasifnya tinggi. Kemudian, bisa saja hujan, lalu temperatur­nya anjlok. Jadi, kami harus bersiap untuk setiap kemungkina­n,’’ ucap Manajer Balap Roda Dua Michelin Piero Taramasso dikutip GP One.

Yamaha tampil solid di Argentina tahun lalu. Kedua pembalapny­a, Maverick Vinales dan Valentino Rossi, finis 1-2. Namun, musim ini Rossi memprediks­i persaingan bakal lebih sengit sekaligus sulit bagi Yamaha.

 ?? DAVID FERNANDEZ/EPA ?? TERGELINCI­R: Rider Repsol Honda Dani Pedrosa terjatuh pada MotoGP Argentina 2017 di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Santiago del Estero, Argentina.
DAVID FERNANDEZ/EPA TERGELINCI­R: Rider Repsol Honda Dani Pedrosa terjatuh pada MotoGP Argentina 2017 di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Santiago del Estero, Argentina.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia