Jawa Pos

Isu Ricciardo Menuju Mercedes Makin Gencar

-

SAKHIR – Perpanjang­an kontrak beberapa pembalap top Formula 1 masih tertahan. Salah satunya, bintang Aston Martin-Red Bull Daniel Ricciardo. Di tengah ketidakpas­tian, isu hengkangny­a pembalap Australia tersebut ke Mercedes semakin gencar.

Untuk kali pertama sepanjang karirnya di F1, Ricciardo memiliki lebih dari satu opsi bagi masa depannya. Red Bull juga tengah membangun rencana. Jika Ricciardo hengkang, mereka akan memanggil pulang Carlos Sainz Jr yang saat ini dipinjamka­n ke Renault.

Dalam beberapa kesempatan, para petinggi Red Bull mengatakan tetap berharap Ricciardo bisa bertahan. ”Tapi, harus tanpa syarat. Karena kontrak semestinya saling menguntung­kan kedua pihak,” ucap Helmut Marko, penasihat Red Bull, dilansir Paddock Talk.

Di sisi lain, Ricciardo menegaskan ingin mendapatka­n mobil kompetitif yang bisa mengantarn­ya menjadi juara dunia. Artinya, untuk saat ini pilihannya adalah Mercedes dan Ferrari.

Dalam sebuah wawancara dengan Autosport, pembalap 28 tahun tersebut memberikan sinyal bahwa kemungkina­n berganti seragam untuk musim depan cukup besar.

Muncul skenario lain yang bersumber dari media Spanyol, Diario Gol. Menurut laporan itu, Fernando Alonso akan menjadi kunci pergerakan bursa pembalap untuk musim depan. Kabarnya, McLaren sejatinya sungguh berat jika harus mempertaha­nkan Alonso.

Faktor terbesarny­a adalah gaji juara dua kali Formula 1 itu sangat tinggi, mencapai lebih dari EUR 30 juta (lebih dari Rp 507,823 miliar) per tahun.

Keputusan McLaren mempertaha­nkan Alonso musim ini lebih karena alasan utang budi ketimbang performa. Jadi, McLaren berencana mengontrak Valtteri Bottas jika nanti Mercedes memutuskan menarik Ricciardo. Sainz bakal menggantik­an posisi Ricciardo.

Sementara itu, Alonso akan mengisi kursi Sainz di Renault, tim yang pernah membawanya menjuarai Formula 1 dua kali. *Tuan rumah disebut terakhir

 ?? GLENN NICHOLLS/AP ?? BISA HENGKANG: Para mekanik mengganti ban mobil bintang Red Bull Daniel Ricciardo pada kualifikas­i GP Australia di Sirkuit Albert Park, (24/3).
GLENN NICHOLLS/AP BISA HENGKANG: Para mekanik mengganti ban mobil bintang Red Bull Daniel Ricciardo pada kualifikas­i GP Australia di Sirkuit Albert Park, (24/3).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia