Jawa Pos

Perlu Perbanyak Lagi Hunian Vertikal

-

SURABAYA – Sepanjang pembahasan rencana detail tata ruang kota (RDTRK), ketersedia­an hunian menjadi salah satu poin utama. DPRD Surabaya menyaranka­n pemkot agar betul-betul mempertimb­angkan penambahan hunian dalam bentuk vertikal.

Hunian vertikal dinilai bisa menjadi solusi untuk kebutuhan masyarakat perkotaan yang semakin padat. Ketua Komisi C DPRD Surabaya Syaifuddin Zuhri menilai, sebagai kota rujukan, Surabaya harus bisa menyediaka­n lebih banyak

hunian berbentuk apartemen. ’’Maka, disarankan setiap zona yang sudah dirancang ini disyaratka­n memiliki hunian vertikal,’’ ujarnya.

Bukan hanya masalah permukiman yang bisa terselesai­kan. Secara tidak langsung, hunian vertikal di dalam kota membuat ruang gerak warga tidak terlalu lebar hingga ke daerah penyangga. Mobilisasi ke dan dari daerah penyangga itulah yang sering menjadi biang kemacetan. Jika disediakan tempat tinggal di dalam kota, warga tidak perlu bergerak terlalu jauh. Apalagi jika disediakan berbagai fasilitas dalam satu gedung.

Selain itu, penambahan hunian vertikal, tambah dia, sangat mungkin dilakukan lantaran ketersedia­an jalan yang sudah mencukupi. ’’Existing jalannya sudah mencukupi. Sebab, jalan menjadi persyarata­n terpenting. Setelah ada jalan, bisa disediakan bangunan vertikal,’’ paparnya.

Pengembang­an bangunan vertikal bakal menjadi prioritas pembanguna­n pemkot. Namun, dia menambahka­n bahwa pemkot juga perlu berhati-hati dalam menyusun peruntukan permukiman tersebut agar tidak bersinggun­gan dengan kebutuhan terhadap ruang terbuka hijau (RTH).

Maka, disarankan setiap zona yang sudah dirancang ini disyaratka­n memiliki hunian vertikal.”

SYAIFUDDIN ZUHRI Ketua Komisi C DPRD Surabaya

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? TERUS TUMBUH: Bangunan-bangunan vertikal kian bertebaran di wilayah Surabaya Selatan.
DITE SURENDRA/JAWA POS TERUS TUMBUH: Bangunan-bangunan vertikal kian bertebaran di wilayah Surabaya Selatan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia