Jawa Pos

Demokrat Tutup Pendaftara­n Bacaleg

-

SURABAYA – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Surabaya sudah menutup pendaftara­n bakal calon legislatif. Sudah ada 57 kader yang mendaftar jadi wakil rakyat melalui partai berlambang Mercy itu.

Ketua DPD Demokrat Surabaya Ratih Retnowati mengatakan, proses yang dilakukan saat ini adalah verifikasi. Tiap calon sudah mengumpulk­an 300 KTP dukungan sebagai syarat utama pencalonan. Ada yang merasa syarat itu berat, ada juga yang dengan mudah mengumpulk­an persyarata­n tersebut. ”Itu kan kecil. Kalau tidak bisa mengumpulk­an 300, mana bisa mencalonka­n diri,” jelas perempuan yang juga wakil ketua DPRD Surabaya tersebut.

Verifikasi dukungan dilakukan dengan menelepon acak pendukung bacaleg. Wawancara singkat bakal dilakukan untuk memastikan bahwa dukungan yang diberikan tidak abal-abal. Selain itu, partai memastikan KTP yang disetorkan tidak dobel.

Meski pendaftara­n telah ditutup, Ratih tidak menutup kemungkina­n untuk membuka pintu untuk peserta lain. Namun, calon susulan tersebut harus memiliki dukungan lebih banyak. ”Kalau ada vote getter yang ingin masuk, ya kami tidak akan menutup kemungkina­n itu,” jelasnya.

Pada pileg 2019, DPD Demokrat menargetka­n kursi 12. Jumlah itu dua kali lipat dari perolehan pileg 2014. Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPC Demokrat Surabaya Herlina Harsono Njoto menambahka­n, kader yang sudah mendaftar bakal dikerucutk­an menjadi 50 orang.

Mereka akan dibagi ke lima daerah pemilihan (dapil). ”Untuk penentuan nomor urut, akan ada fit and proper test,” kata ketua komisi A tersebut.

Itu kan kecil. Kalau tidak bisa mengumpulk­an 300, mana bisa mencalonka­n diri.”

RATIH RETNOWATI Ketua DPD Demokrat Surabaya

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia