Jawa Pos

Bangun Jiwa Patriotik lewat Lomba PBB

-

SURABAYA – Sebanyak 20 tim lomba peraturan baris berbaris (PBB) dari sekolah dasar di kawasan Tanjung Perak berkumpul di depan Gedung Garuda Sakti Nusantara kemarin (4/4). Sejak pagi bocahbocah kelas III–IV SD tersebut berpakaian rapi bak petugas paskibra (pasukan pengibar bendera).

Hanya dengan durasi 12 menit, mereka diwajibkan untuk mempraktik­kan PBB dasar dan PBB kreasi dengan semangat. Penilaian ternyata cukup banyak. Di antaranya, yel-yel, performanc­e, kerapian, kekompakan, gerakan PBB, formasi, dan slogan. Mereka akan memperebut­kan trofi dari Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak dan sejumlah uang.

Kegiatan itu diselengga­rakan Satbinmas Polres Pelabuhan Tanjung Perak bersama Pelindo III sebagai bentuk kecil untuk menanamkan jiwa patriotik kepada anak-anak. ’’Dengan lomba ini, kami ingin memupuk rasa nasionalis­me mulai anakanak di kelas III SD,’’ papar AKBP Ronny Susesno, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak. Menurut dia, pada usia 9–10 tahun, anak-anak mulai bisa mengerti apa arti solidarita­s.

Dia menambahka­n, lomba itu juga didasari tantangan yang dihadapi negeri ini semakin global ke depannya. ’’Contohnya, sekarang ini kita menghadapi serangan, tidak melalui serangan fisik, namun serangan mental, pada jiwa-jiwa muda,’’ terangnya. Dengan begitu, sebuah fondasi harus dibentuk dengan kukuh sejak dini.

AKP Eko Nur Wahyudiono, Kasatbinma­s Polres Pelabuhan Tanjung Perak menambahka­n, kalau mereka dibentengi dengan rasa patriotik yang tinggi dari kecil, ke depannya mereka akan selalu membela negeranya dengan cara yang benar. ’’Setidaknya lewat lomba ini rasa patriotik di hatinya bisa terpacu,’’ ujarnya.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? SELAMAT, YA: Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ronny Suseno menyalami peserta lomba PBB kemarin (4/4). Foto kanan, siswa SD Wonokusumo 1 unjuk kemampuan saat berlomba di Gapura Surya Nusantara.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS SELAMAT, YA: Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ronny Suseno menyalami peserta lomba PBB kemarin (4/4). Foto kanan, siswa SD Wonokusumo 1 unjuk kemampuan saat berlomba di Gapura Surya Nusantara.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia