Jawa Pos

Pelayanan Pindah Sementara ke Poskeskel

-

SURABAYA – Perluasan bangunan Puskesmas Wonokromo oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dimulai. Selama proses pembanguna­n, seluruh pelayanan pindah sementara di Pos Kesehatan Kelurahan (Poskeskel) Wonokromo di Jalan Karangrejo VI/66. Kemarin (4/4) beberapa pengurus puskesmas terlihat mengevakua­si barang dan alat medis ke Poskeskel Wonokromo.

’’Tidak ada yang berubah. Pelayanan tetap seperti biasa. Hanya tempatnya yang berbeda,’’ ungkap Kepala Puskesmas Wonokromo dr Era Kartikawat­i. Kemarin (4/4) warga terlihat memadati Poskeskel Wonokromo untuk mendapatka­n pelayanan kesehatan. Ada yang periksa kesehatan secara rutin. Ada pula ibu yang membawa anaknya yang demam. Kasus pasien pun beragam.

Dokter Era belum dapat memastikan jangka waktu yang dibutuhkan. Selama proses pembanguna­n, pelayanan kesehatan Puskesmas Wonokromo pindah sementara di poskeskel. ’’Mungkin hingga akhir tahun. Ya, menempati di sini (poskeskel, Red) sementara sampai pembanguna­n selesai,’’ kata dr Era.

Perpindaha­n ke poskeskel sudah disiapkan jauh-jauh hari. Pihak puskesmas telah berkoordin­asi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya. Sebelumnya, juga telah dilakukan sosialisas­i kepada warga. ’’Kami bekerja sama dengan linmas setempat untuk pengaturan parkir dan lalu lintas di sekitar sini. Karena pasti ramai sekali,’’ ucap alumnus Fakultas Kedokteran (FK) Universita­s Wijaya Kusuma (UWK) tersebut.

Tempat sementara memang jauh lebih kecil. Namun, dia memastikan warga mendapatka­n pelayanan terbaik. ’’Sementara saja untuk menunggu pembanguna­n,’’ katanya. Jumlah rata-rata kunjungan di Puskesmas Wonokromo mencapai 150 pasien per hari. Itu berlangsun­g selama jam operasiona­l, pukul 07.30–17.30. Pasien-pasien tersebut tentu tidak dapat tertampung dengan baik di Poskeskel Wonokromo.

Pihak puskesmas menyiasati kondisi itu dengan membuka layanan tambahan. Mereka akan menyelengg­arakan puskesmas keliling (pusni). Petugas puskesmas dibagi menjadi beberapa kelompok.

 ?? BRIANIKA IRAWATI/JAWA POS ?? TEMPAT SEMENTARA: Petugas Puskesmas Wonokromo memeriksa calon pasien di halaman Poskeskel Wonokromo kemarin.
BRIANIKA IRAWATI/JAWA POS TEMPAT SEMENTARA: Petugas Puskesmas Wonokromo memeriksa calon pasien di halaman Poskeskel Wonokromo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia