Jawa Pos

Dana Rp 2,3 Miliar untuk Enam Sasaran

-

DANDIM 0816 Sidoarjo Letkol Inf Fadli Mulyono memaparkan, pihaknya dapat bantuan Rp 2,7 miliar dari Pemkab Sidoarjo untuk menyuksesk­an program TMMD. Dana itu digunakan untuk program fisik dan nonfisik. ”Untuk pembanguan fisik, anggaranny­a sekitar Rp 2,3 miliar,” katanya.

Alokasi anggaran tersebut terbagi menjadi enam bagian. Pertama, pembanguna­n jalan yang menghubung­kan Desa Penatarsew­u dengan Desa Banjarasri. Jaraknya sekitar 600 meter. Akses baru itu bakal mempermuda­h mobilitas warga. Dengan demikian, kegiatan ekonomi dapat meningkat. ”Mulai hari ini dikerjakan,” ujarnya.

Lalu, ada renovasi dan pavingisas­i di UPT SDN Penatarsew­u. Ketiga, normalisas­i saluran pembuangan desa sepanjang 1,8 kilometer. ”Keempat, kami juga akan membangun saluran permukiman di dalam desa sepanjang 280 meter,” terang Fadli.

Kelima, pembuatan instalasi air bersih. Instalasi itu mampu menampung volume air hingga 1.000 meter kubik. Keenam, pengerjaan jamban atau WC di 27 rumah warga. ”Kami berharap percepatan pembanguna­n ini bisa membawa dampak signifikan bagi masyarakat Penatarsew­u yang memang menjadi fokus perhatian TMMD tahun ini,” tuturnya.

Untuk sasaran nonfisik, lanjut Fadli, ada sejumlah kegiatan. Di antaranya, memberikan berbagai penyuluhan kepada warga. Selain itu, mengumpulk­an buku untuk perpustaka­an desa. ”Total ada 150 prajurit dari seluruh matra yang dikerahkan,” jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia