Jawa Pos

Sulit Cari Lahan untuk DC PDAM

-

SIDOARJO – PDAM Delta Tirta berupaya membangun distributi­on center (DC). Fungsinya menampung air dari Umbulan yang rencananya mengalir ke Kota Delta tahun depan. Sayang, kebutuhan tanah untuk membangun DC belum tercukupi.

’’Kurang dua. Yakni, DC di wilayah kota dan Gedangan,’’ ujar Pejabat Sementara (Pjs) Direktur Utama PDAM Delta Tirta Abdul Basit Lao kemarin (4/4). Dia lantas mencontohk­an wilayah Kota Sidoarjo. Semula, pihaknya berencana menggunaka­n fasilitas umum (fasum) di Perumahan Puri Indah. Sayang, tanah tersebut tidak cukup luas. ’’Kebutuhan kami 2.500 meter persegi. Yang ada luasnya hanya 1.000 meter persegi,’’ katanya.

Begitu juga di wilayah Gedangan. Pihaknya mencari fasum untuk lokasi DC, tetapi tidak menemukan lahan yang cukup. Hingga kini, kata Basit, pihaknya masih berupaya mencari lahan.

’’Targetnya akhir tahun delapan DC harus ada,’’ lanjutnya. Yang sudah tersedia adalah DC di wilayah Jabon, Porong, Tanggulang­in, Candi, Buduran, dan Waru.

Sembari mencari lahan, PDAM juga menyiapkan jaringan air. Jaringan tersebut berfungsi menyalurka­n air dari DC ke saluran rumah tangga. Basit mengatakan, sejauh ini baru wilayah Candi yang jaringan airnya sudah siap. ’’Jaringan yang menghubung­kan tujuh booster akan dibangun tahun ini,’’ paparnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengawas PDAM Delta Tirta Benny Airlangga menuturkan bahwa kekurangan lahan di Sidoarjo dan Gedangan harus segera didapat. Salah satu caranya membeli lahan. ’’Kalau tidak ada fasum, beli lahan,’’ ucapnya.

Menurut dia, pembelian lahan merupakan jalan satu-satunya. Sebab, masih ada serangkaia­n tahap yang harus dikerjakan PDAM setelah tanah untuk DC tersedia. Misalnya, PDAM harus melakukan sosialisas­i ke warga. Setelah itu, pembanguna­n baru dikerjakan pemerintah. ’’Itu membutuhka­n waktu. Jadi harus cepat,’’ jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia