Jawa Pos

Normalisas­i Sungai Dibantu BBWS

-

SIDOARJO – Untuk normalisas­i kali, dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (PUPR) tak bekerja sendirian. Instansi tersebut telah meminta bantuan Balai Besar Wilayah Sungai Brantas (BBWS). ’’Sudah sepakat. BBWS mau membantu normalisas­i Kali Buntung, Sidokare, serta Kali Alo,’’ kata Kepala Dinas PUPR Sidoarjo Sigit Setyawan kemarin (4/4).

Hari ini (5/4) tim PUPR dan BBWS mulai melihat lokasi sungai yang akan dinormalis­asi. Nantinya, BBWS dan PUPR berbagi tugas. BBWS menormalis­asi Sungai Buntung di kawasan hilir. Tepatnya, di wilayah Waru yang berbatasan laut lepas. Sementara itu, PUPR melakukan normalisas­i di wilayah hulu. ”Mulai Desa Trosobo hingga Waru,” ucapnya.

Namun, bantuan normalisas­i dari BBWS tersebut belum bisa berjalan tahun ini. Pekerjan fisik itu baru dimulai tahun depan. ”Tahun ini BBWS baru perencanaa­n. Tahun depan normalisas­i berjalan,” ujarnya.

Sembari menunggu BBWS, pemkab akan melakukan normalisas­i terlebih dulu. Sigit menyatakan, pihaknya memulai pengerukan di daerah Trosobo, Kecamatan Taman. Normalisas­i berjalan ke arah Desa Bungurasih dan Medaeng. ”Saat ini masih lelang. Dalam waktu dekat selesai,” ungkapnya.

Sigit menuturkan, normalisas­i bantuan dari BBWS itu sangat membantu pemkab. Sebab, untuk mengeruk Kali Buntung, pihaknya membutuhka­n anggaran besar. ”Karena panjang sungainya mencapai 45 km,’’ jelasnya.

Kabid Operasiona­l dan Pemelihara­an Dinas PUPR Sidoarjo Agus Hidayat menuturkan bahwa BBWS tidak hanya membantu normalisas­i di Kali Buntung. Pemkab akan dibantu mengeruk dua sungai yang lain. Yakni, Kali Alo dan Sidokare.

Seperti Kali Buntung, BBWS bakal mengeruk daerah hilir. PUPR akan menormalis­asi wilayah hulu. Di Sidokare pekerjaan dimulai dari Jalan Lingkar Timur menuju pusat kota. ”Saat ini Sidokare sudah berjalan,” tuturnya.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? KERJA SAMA MENANGGULA­NGI BANJIR: Alat berat disiapkan untuk normalisas­i aliran Sungai Sidokare. Aktivitas tersebut akan melibatkan dinas PUPR dan BBWS.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS KERJA SAMA MENANGGULA­NGI BANJIR: Alat berat disiapkan untuk normalisas­i aliran Sungai Sidokare. Aktivitas tersebut akan melibatkan dinas PUPR dan BBWS.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia