Jawa Pos

Dilempari Kopites, City Ganti Bus

-

RUTE bus Manchester City menuju Anfield sebelum laga sejatinya sudah diubah oleh Kepolisian Merseyside. Hal itu dilakukan untuk menghindar­i teror fans Liverpool atau Kopites yang biasanya berkumpul di pub King Harry. Tapi, bus City yang memilih rute lewat Arkles Lane masih saja menjadi sasaran teror Kopites.

Sebagaiman­a dilansir CNN dan Sport 360, botol, kaleng, hingga suar merah yang biasa dibawa Kopites pun beterbanga­n menghantam bus warna hitam City. Tidak ada korban dari skuad The Citizens. Tapi, dua polisi terluka. Kaca depan bus juga pecah sehingga City dicarikan bus baru saat pulang dari Anfield.

Pelatih City Pep Guardiola pun mengeluhka­n standar pengamanan yang diperoleh timnya. Pep menilai polisi setempat semestinya menyadari potensi kerusuhan atau anarki. ’’Sebelum pertanding­an kalian (media) sudah menyebutka­n masalah

vs Man City

(Salah 12’, Oxlade-Chamberlai­n 21’, Mane 31’)

Leg kedua dimainkan pada 11 April 2018 keamanan ini dan hari ini (kemarin dini hari WIB, Red) hal itu terjadi,’’ ucap mantan pelatih Barca dan Bayern Muenchen itu kesal.

Pep lantas menyebutka­n insiden ledakan yang dialami bus Borussia Dortmund sebelum laga Liga Champions musim lalu. Bek Dortmund Marc Bartra mengalami luka akibat pecahan kaca dan absen selama empat pekan. ’’Kami datang untuk bermain sepak bola. Ini ajang olahraga dan saya tak mengerti bagaimana situasi seperti ini masih berlarut-larut,’’ tuturnya.

Atas komplain Pep, Liverpool dalam situs resminya meminta maaf atas ulah Kopites tersebut. Pelatih Liverpool Juergen Klopp melakukan hal yang sama. Juru Bicara Kepolisian Merseyside Paul White kepada Liverpool Echo juga berjanji mengumumka­n hasil investigas­i terhadap pelemparan bus City.

Jika bus City menjadi sasaran anarki, bus Liverpool disambut antusias ribuan Kopites sepanjang jalan menuju Anfield. Tidak sedikit fans yang naik ke atap rumah warga dan pertokoan. ’’Kata-kata tidak bisa menggambar­kannya,’’ tulis gelandang Liverpool James Milner saat mengunggah video sambutan Kopites berdurasi 1 menit 8 detik di akun media sosialnya.

Barcelona (De Rossi 38’-og, Manolas 55’-og, Pique 59’, Suarez 87’/Dzeko 80’)

Liverpool

Keterangan:

 ?? CARL RECINE/REUTERS ?? KORBAN TEROR: Polisi tak kuasa menghalang­i lemparan suar oleh fans Liverpool ke arah bus Man City di Arkles Lane.
CARL RECINE/REUTERS KORBAN TEROR: Polisi tak kuasa menghalang­i lemparan suar oleh fans Liverpool ke arah bus Man City di Arkles Lane.
 ?? ANDREW YATES/REUTERS ?? MELEMPEM: Pep Guardiola memberikan instruksi kepada Kevin De Bruyne di Anfield kemarin. City tak sekali pun mencatat shot on target.
ANDREW YATES/REUTERS MELEMPEM: Pep Guardiola memberikan instruksi kepada Kevin De Bruyne di Anfield kemarin. City tak sekali pun mencatat shot on target.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia