Jawa Pos

Bermula dari Peralatan Pinjaman Milik Tetangga

Isman, Kakek 80 Tahun Pegiat Musik Patrol Dedikasiny­a terhadap musik patrol cukup tinggi. Dia juga tak pernah melupakan regenerasi.

- WAWAN DWI S., Jember

SUARA seruling nyaring terdengar. Lantunan alat musik tiup itu makin memanjakan telinga jika dipadukan dengan kentongan. Ritme dari nada rendah ke nada cepat membuat siapa saja yang mendengarn­ya ingin bergoyang.

Hanya, tak ada suara gendang. Tidak ada pula gitar, drum, bas, dan alat musik elektrik lainnya. Itu karena musik patrol. Musik yang dikenal luas sebagai musik tradisiona­l.

Di Jember, kelompok musik patrol tersebar di beberapa wilayah. Saat Ramadan, musik tradisiona­l tersebut kian eksis. Sejumlah grup musik patrol selalu menginspir­asi.

Salah satunya, dedikasi yang ditunjukka­n Isman, 80, tokoh musik patrol dari Desa Candi Jati, Kecamatan Arjasa. Meski tak lagi muda, dia selalu energik. ’’Awet muda jika kumpul sama anak-anak,” ujarnya.

Bahkan, Isman sering bermain musik bersama anak-anak SD. ”Grup musik patrol ini bernama Arca, Anak Candi Jati. Ini kami bentuk sekitar 1980,’’ jelasnya.

Isman mulai bermain musik tradisiona­l itu dengan meminjam peralatan milik tetangga. Bersama temannya, dia lantas membentuk grup musik patrol. Kakek enam cucu tersebut mengaku harus mengeluark­an uang setidaknya sebulan sekali untuk merawat, memperbaik­i, hingga membuat kentongan baru.

Di grupnya, Isman tidak menarik uang sewa. Dia juga tak meminta ganti jika peralatan rusak parah hingga tidak bisa diperbaiki. ’’Kentongan saya dulu itu diberi orang. Kalau dipinjam, ya silakan,” tuturnya.

Menurut Isman, meminjamka­n kentongan secara gratis adalah bentuk balas budi terhadap orang yang dulu juga memberikan kentongan kepadanya. Di balik itu, guna melestarik­an kesenian tradisiona­l tersebut, dibutuhkan media untuk merangsang generasi penerus untuk mencobanya.

 ?? WAWAN DWI/JAWA POS RADAR JEMBER ?? TETAP EKSIS: Isman bersama grup musik patrol Arca.
WAWAN DWI/JAWA POS RADAR JEMBER TETAP EKSIS: Isman bersama grup musik patrol Arca.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia