Jawa Pos

Terkesan Kahiyang saat Arahkan Foto Pre Wedding

Ribka Budiman, Wedding Stylist Pembentuk Wadah Mimpi Belum banyak yang menyadari peran seorang fashion stylist. Hal itu membuat Ribka Budiman menggagas Wadah Mimpi. Tempat berkumpuln­ya para stylist di Surabaya.

- NURUL KOMARIYAH

SUDAH tiga tahun ini Ribka Budiman melakoni profesi sebagai fashion stylist. Dia memfokuska­n diri sebagai wedding stylist yang artinya mengurus penampilan sepasang calon mempelai. ”Ngurusin couple itu nggak gampang. Saya harus dapetin mood dan hati mereka,” ujarnya saat ditemui di studionya di kawasan Darmo Harapan pada Rabu lalu (4/4).

Terjun sebagai pengarah gaya membuat Ribka menuai beragam pengalaman. Salah satu yang menurutnya sangat berharga adalah ketika dipercaya menjadi stylist Kahiyang Ayu, putri Presiden RI Joko Widodo. Tepatnya pada September lalu saat Kahiyang menjalani sesi pre wedding di Bali dan Jogjakarta.

”Waktu itu deg-degan banget karena anaknya presiden. Saya pasti jaga sikap betul. Bagaimana ngebuat dia mau pakai sesuatu tanpa berkesan saya menyuruh, tapi memang harus dipakai karena itu yang terbagus buat dia,” terang alumnus Jurusan Manajemen Bisnis UK Petra itu

Ribka menjadi pengarah baju ulos dan batik solo lengkap dengan aksesoriny­a. Ribka bersyukur pekerjaan itu berjalan lancar. ”Ternyata, orangnya (Kahiyang) supel, rendah hati, dan kami diperlakuk­an seperti teman sendiri,” tutur perempuan 26 tahun itu.

Pencinta traveling itu mengungkap­kan, dalam sebuah foto pre wedding, seorang stylist harus mampu menciptaka­n suasana positif. Dengan demikian, foto yang dihasilkan tidak hanya bagus dari sisi baju, tetapi juga mampu memperliha­tkan kedekatan pasangan yang sedang berbahagia tersebut.

Untuk itu, Ribka berusaha menciptaka­n suasana yang menyenangk­an sepanjang pemotretan. ”Kalau mood saya yang lagi nggak bagus, sayangelia­t alam. Itu bisa nyembuhin hawa negatif sambil dengerinmu­sik jazz soul,” imbuhnya.

Awal Januari lalu, Ribka mencetuska­n gagasan Wadah Mimpi. Tempat berkumpuln­ya para fashion and wedding stylist di Surabaya. Ribka merasa belum banyak orang yang tahu pentingnya pengarah gaya. ”Dan belum banyak juga yang menghargai. Padahal, fashion stylist turut menentukan the whole package sebuah acara,” papar lulusan Arva School of Fashion pada 2015 itu.

Saat ini anggota Wadah Mimpi memang belum banyak. Tak sampai hitungan sepuluh jari. Namun, mereka memiliki keinginan yang sama, membuat orang-orang di Surabaya menyadari pentingnya keberadaan stylist. Tampil serasi itu penting, terlebih untuk mereka yang harus sering muncul di acara publik, karena bisa membantu membentuk image.

Selalu tahu tren terbaru menjadi salah satu tugas pokok Ribka. Meski begitu, dia tidak sertamerta mengaplika­sikannya. Ribka mengarahka­n gaya sesuai kepribadia­n kliennya.

Selain sebagai penata gaya Kahiyang Ayu, beberapa selebriti lain pernah berkolabor­asi bersama Ribka. Di antaranya, menjadi stylist pernikahan kakak artis Glenn Alinskie, Michael, ketika menikah dengan Shery Fausta pada November lalu. Selain itu, Ribka sering diminta menjadi stylist untuk kebutuhan pemotretan model dan influencer Jennifer Bachdim.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? PENGARAH GAYA: Ribka Budiman senang bereksplor­asi dengan bermacam busana dan aksesoriny­a.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS PENGARAH GAYA: Ribka Budiman senang bereksplor­asi dengan bermacam busana dan aksesoriny­a.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia