Jawa Pos

Sebulan Lebih PJU Padam

Bikin Risi dan Rawan Laka di Osowilangu­n

-

SURABAYA – Sudah lebih dari sebulan lampu penerangan jalan umum (PJU) di Jalan Osowilangu­n padam. Sedikitnya ada enam PJU yang tidak berfungsi. Hal tersebut membuat pengendara tidak nyaman saat melewatiny­a. Pengendara tidak bisa melihat jalan berlubang dan bergelomba­ng dengan jelas. Mereka juga mengkhawat­irkan terjadinya aksi kejahatan.

Salah seorang pengendara motor Arya Saputra menuturkan, lampu penerangan di depan terminal tersebut tidak berfungsi sejak lama. Hal itu membuatnya lebih berhati-hati saat melewati jalan tersebut.

”Lha iku lampune wes mati, dalane yo bergelomba­ng, kan bahaya (Itu lampunya sudah padam, jalannya ya bergelomba­ng, kan bahaya, Red),” ucap warga asal Lamongan tersebut.

PJU yang padam tersebut berada di sisi selatan. Sederet dengan pintu masuk Terminal Osowilangu­n. Hal itu juga membuat risi para penumpang angkutan umum. Staf Terminal Osowilangu­n Dinas Perhubunga­n (Dishub) Surabaya Kusno Sudjarwadi menuturkan, PJU tersebut mati lebih dari sebulan. Pihaknya dan warga sudah menyampaik­an keluhan tersebut ke dinas terkait.

Kusno menambahka­n, padamnya PJU itu sangat menyusahka­n penumpang yang baru turun dari bus. Mereka sulit melangkah karena kondisi saat malam sangat gelap. ”Ya, tentunya jika ini dibiarkan, akan rawan dan takutnya bisa menyebabka­n kecelakaan,” ucapnya kemarin (6/4).

Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Chalid Buchari menyatakan, kondisi tersebut terjadi karena kabel yang telah usang. Untuk itu, petugas perlu mencari dan menganalis­is gangguan kabel di sekitar lokasi. ”Dipilah satu per satu dan itu butuh waktu,” terangnya.

Dia menambahka­n, kemarin sore pihaknya menerjunka­n petugas ke lokasi. Petugas telah membenahi sumber kerusakan dan lampu tersebut bisa kembali berfungsi hari ini.

Chalid menambahka­n, hingga kini pihaknya masih menjaring pendapat warga. Apabila memang benar-benar dibutuhkan, nanti DKRTH menambah PJU di sekitar kawasan tersebut. ”Kalau dirasa kurang, nanti kami tambah. Untuk sementara kami benahi dulu,” paparnya.

Tahun ini pemkot akan menambah sejumlah PJU di beberapa titik. Total pagu yang disiapkan untuk menambah PJU itu Rp 1,04 miliar. Pengadaan PJU tersebut merupakan hasil musrenbang kecamatan tahun lalu dan terealisas­i tahun ini.

Kawasan yang bakal ditambahi PJU tersebut, antara lain, Jalan Mayjen Jonosewojo, Jalan Raya Darmo Permai III, Jalan Darmo Permai, Jalan Raya Darmo Harapan 1, kawasan makam Sonokwijen­an, dan makam Pradah Kali Kendal. Dengan ditambahny­a PJU tersebut, harapannya Surabaya semakin terang dan aktivitas warga berjalan lancar.

 ?? WAHYU ZANUAR BUSTOMI/JAWA POS ?? GELAP: Salah satu ruas Jalan Osowilangu­n yang lampu penerangan jalan umumnya padam. Kondisi itu rawan kecelakaan.
WAHYU ZANUAR BUSTOMI/JAWA POS GELAP: Salah satu ruas Jalan Osowilangu­n yang lampu penerangan jalan umumnya padam. Kondisi itu rawan kecelakaan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia