Jawa Pos

Masuk Roket, Belajar Luar Angkasa

-

SURABAYA – Roket setinggi 6 meter dengan diameter 2 meter menarik perhatian anak-anak pengunjung Pakuwon Mall. Terbuat dari styrofoam tebal dan memiliki rangka besi, miniatur roket tersebut diletakkan di tengah atrium.

Miniatur itu dibuat oleh tim kreatif mal. Inspirasin­ya didapat dari cerita dari The Adventures of Tintin: Destinatio­n Moon tahun 1950. Kreator Tintin, Herge, mendapatka­n ide untuk membuat serial animasi tersebut dari Roket V2 buatan Jerman. Red Rocket, begitu namanya, mendisplai beragam pengetahua­n tentang luar angkasa yang ditempel di dinding bagian dalamnya. Pengunjung dapat menyusuri lorong di dalam roket sembari membaca secuplik pengetahua­n umum. Roket memiliki corak putih dan merah.

”Nih lihat, warna planet beda-beda, Dik. Kita ada di sini,” ucap Christina Suryanto sambil menunjuk gambar planet bumi. Bersama anak pertamanya, Laurentia Prameswari Suryanto, dia mampir melihat urutan tata surya di dalam badan roket. Gambar itu dilengkapi dengan keterangan nama planet, jarak, dan karakteris­tiknya.

Selain itu, ada informasi tentang sosok astronot yang pertama menginjakk­an kaki di bulan serta bepergian di luar angkasa. ”Yuri Gagarin. Manusia pertama yang terbang selama 108 menit ke luar angkasa dengan pesawat roket Vostok 1,” ujar Laurentia saat mengeja tulisan di bawah foto sang astronot. Tak ketinggala­n, profil sosok manusia pertama di bulan, Neil Armstrong dan Buzz Aldrin.

Siswa kelas I SD Pembanguna­n Jaya Sidoarjo itu memang belum pernah mendapatka­n pelajaran tentang tata surya. ”Di sekolah belum belajar. Tapi, kalau di rumah, kadang dia nonton acara televisi yang isinya pengetahua­n umum,” terang Christina.

Roket tiruan yang dipajang merupakan salah satu dekorasi yang mendukung acara pameran mainan dan perlengkap­an anak. Acara bertajuk Toys Kids tersebut dihelat hingga Minggu (8/4).

 ?? FOTO: GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? RED ROCKET: Miniatur roket setinggi 6 meter yang di dalamnya terdapat informasi tentang luar angkasa terpajang di atrium Pakuwon Mall kemarin (6/4).
FOTO: GUSLAN GUMILANG/JAWA POS RED ROCKET: Miniatur roket setinggi 6 meter yang di dalamnya terdapat informasi tentang luar angkasa terpajang di atrium Pakuwon Mall kemarin (6/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia