Jawa Pos

Coba Cetak Cepat E-KTP

-

GRESIK – Dinas Kependuduk­an dan Catatan Sipil (Dispendukc­apil) Gresik akan mempercepa­t layanan e-KTP. Biasanya berharihar­i, bahkan berbulan-bulan. Kini, e-KTP jadi cukup dalam satu atau dua jam. Syaratnya, semua berkas lengkap.

Rencana itu disusun sebagai bentuk percepatan layanan terkait pelaksanaa­n Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 dan Pemilihan Presiden (Pilres) 2019. ’’Kami coba dulu,” kata Kadispendu­kcapil Gresik Soemarno kemarin (6/3).

Percepatan KTP elektronik tersebut merespons perintah Presiden Joko Widodo kepada Kementeria­n Dalam Negeri (Kemendagri). Kemendagri diminta membuat peraturan menteri tentang batas waktu pengurusan e-KTP. Kemendagri bakal mengeluark­an peraturan menteri dalam negeri (permen- dagri) yang mengatur pembuatan e-KTP paling lambat sejam.

Soemarno menyampaik­an, selama ini, pihaknya berupaya mempercepa­t pencetakan e-KTP. KTP elektronik warga yang telah merekam data langsung dicetak. Hanya, ada kendala teknis. Misalnya, ketersedia­an blangko. Jumlah personel juga terbatas. ”Kalau blangko lancar, pencetakan juga dipercepat,” imbuhnya. Pekan ini, dispendukc­apil memperoleh tambahan 20 ribu blangko. Stok itu cukup untuk 20 hari ke depan.

Menurut Soemarno, pengurusan dokumen kependuduk­an lambat karena pengurusan data di lapangan. Mulai surat pengantar RT/RW, desa atau kelurahan, hingga kecamatan.

’’Sebetulnya, kalau surat-surat komplet, pengurusan bisa cepat,” ucapnya.

 ?? CHUSNUL CAHYADI/KJAWA POS ?? EVAKUASI: Dari kiri, Kasdim Mayor Purwanto, Dandim Letkol Widodo Pujiyanto, anggota kodim Kapten Sali, dan Camat Kebomas Sutrisno mengamanka­n ular sanca di taman makam pahlawan.
CHUSNUL CAHYADI/KJAWA POS EVAKUASI: Dari kiri, Kasdim Mayor Purwanto, Dandim Letkol Widodo Pujiyanto, anggota kodim Kapten Sali, dan Camat Kebomas Sutrisno mengamanka­n ular sanca di taman makam pahlawan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia