Jawa Pos

Temukan Solusi PKL Jalan Semarang

Dipindah ke Pasar Loak Dupak Baru

-

SURABAYA – Pemkot Surabaya memastikan proyek normalisas­i drainase dan pembanguna­n jalur pedestrian di Jalan Semarang berlanjut. Lokasi relokasi pedagang kaki lima (PKL) yang terdampak pembanguna­n telah ditentukan. Pasar Loak Dupak Baru dipilih untuk menampung pedagang.

Kasi Ketenteram­an dan Ketertiban (Trantib) Kecamatan Bubutan Karjoko menuturkan, penertiban pedagang di Jalan Semarang sempat tertunda garagara masalah relokasi. Setelah itu, semua jajaran pemkot menggelar rapat. Pasar Loak Dupak Baru dianggap paling layak untuk menampung pedagang.

’’Tempat relokasi dipilih berdasar rapat. Kami sudah melakukan sosialisas­i ke pedagang,’’ ungkap Karjoko. Dia melanjutka­n, pedagang telah diimbau untuk bersiapsia­p pindah. Mereka bakal dibantu saat mengangkut barang.

Karjoko menyebutka­n, ada 27 PKL yang terdampak penataan Jalan Semarang. Sebagian pedagang telah mendirikan bangli. Mereka sudah puluhan tahun mencari uang di aset pemerintah. Paling banyak adalah pemroduksi perkakas aluminium. Mereka berjualan rak dan meja. Selain itu, ada pedagang makanan dan minuman.

Relokasi pedagang ke Pasar Loak Dupak Baru dibenarkan Kasatpol PP Surabaya Irvan Widyanto. Dia menuturkan, pihaknya terus memberikan sosialisas­i kepada pedagang. Salah satunya, batas waktu untuk mengemasi barangbara­ng. ’’Pedagang diberi waktu sebulan. Kami berharap waktu ditepati,’’ ucapnya.

Dia menjelaska­n, penertiban telah disepakati semua jajaran Pemkot Surabaya. Nanti, ada program lanjutan di Jalan Semarang. Drainase di sekitar Stasiun Pasar Turi bakal dibersihka­n. Pemkot akan membangun jalur pedestrian anyar. Mirip trotoar di seberang jalan.

Awalnya, penertiban Jalan Semarang direncanak­an 13 Maret. Namun, saat itu kebijakan diprotes pedagang. PKL menuntut relokasi sebagai solusi penertiban.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? SERING BIKIN MACET: Deretan warung dan mobil yang parkir sembaranga­n di sebelah kiri Jalan Semarang segera ditertibka­n.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS SERING BIKIN MACET: Deretan warung dan mobil yang parkir sembaranga­n di sebelah kiri Jalan Semarang segera ditertibka­n.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia