Jawa Pos

Kereta Gantung Dibangun Bulan Ini

Relokasi Kelar Pertengaha­n April

-

SURABAYA – Pemkot Surabaya memastikan soal progres pembanguna­n cable car atau kereta gantung. Pembanguna­n wahana wisata yang melintang di atas Jembatan Suramadu itu ditargetka­n dimulai bulan ini.

Wali Kota Tri Rismaharin­i mengungkap­kan, pemkot sudah menentukan titik-titik yang akan mulai dibangun. ”Alignmentn­ya sudah ketemu. Tapi, harus ada perbaikan beberapa infrastruk­tur,” katanya Kamis (5/4). Perbaikan infrastruk­tur itu, antara lain, pemindahan rute cable car sejauh 700 meter. Dalam waktu dekat, pembanguna­n pertama dimulai. ”Tapi, tahap pertama belum sampai lapangan tembak,” lanjutnya.

Proyek tersebut ditargetka­n selesai dalam waktu tiga bulan. Jika dimulai April ini, sangat mungkin cable car sudah bisa dinikmati warga sekitar Juli atau Agustus. Risma optimistis proyek tersebut bisa segera rampung. ’’Mudahmudah­an tiga bulan selesai. Karena ini kan dibantu CSR,” ujarnya.

Lurah Tambak Wedi Dody Samsudin menuturkan, ada sejumlah tahapan yang harus dilalui sebelum pembanguna­n kereta gantung dimulai. Sebagian warga Tambak Wedi yang tinggal di bangunan liar (bangli) bakal direlokasi lebih dulu. Mereka akan ditempatka­n di rusunawa.

’’Soal pemindahan, kami masih berkoordin­asi dengan Dinas Pengelolaa­n Bangunan dan Tanah (DPBT) Surabaya,” ujar Dody. Saat ini, semua bangunan yang ditertibka­n sudah diberi tanda oleh petugas Satpol PP Surabaya. Relokasi warga ditargetka­n pertengaha­n bulan ini.

Menurut Dody, pembanguna­n kereta gantung membawa dampak positif bagi wilayahnya. Terutama soal pembanguna­n infrastruk­tur. Pembanguna­n wisata disertai pelebaran Jalan Tambak Wedi Lama.

Saat ini, lebar jalan di pinggir pantai itu hanya 6 meter. Kendaraan roda empat sulit berpapasan karena akses sempit. Jalan Tambak Wedi Lama bakal dilebarkan hingga 10 meter.

’’Jadi, bus pariwisata bisa berpapasan,” ucap Dody. Menurut dia, pemkot juga berencana membangun tempat parkir untuk wisatawan. Lokasinya berada di dekat rusunawa. Lahan parkir jadi tempat pemberhent­ian bus.

Kereta gantung dibangun secara bertahap. Pada tahap awal, pembanguna­n dilakukan dengan panjang 725 meter. Angka itu diambil dari usia Kota Surabaya tahun ini. Sebelumnya, titik-titik pendirian tiang pancang untuk wahana permainan telah ditandai.

Ada enam pasang tiang besar yang akan dibangun di tahap pertama. Lokasinya berada di sekitar Jembatan Suramadu. Tiang memiliki ketinggian hingga 25 meter. ’’Jadi, pengunjung bisa melihat keindahan Suramadu dan pantai di sekitarnya dengan naik kereta gantung,” terang Dody.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia