Jawa Pos

Sterilkan Lajur Kiri FR Barat

Persiapan Peluncuran Suroboyo Bus Hari Ini

-

SURABAYA – Pemkot berencana meluncurka­n Suroboyo Bus hari ini. Karena itu, bidang pengendali­an dan operasiona­l dishub mesterilka­n jalur yang akan dilewati bus tersebut. Terutama frontage road (FR) Jalan Ahmad Yani sisi barat.

Sepanjang FR sering dijadikan lokasi parkir kendaraan. Sebagian kendaraan yang parkir tersebut merupakan transporta­si online. Baik sepeda motor maupun mobil. Titik yang paling ramai berada di sekitar City of Tomorrow (Cito), Carrefour, Polda, KFC, kejaksaan tinggi, dan beberapa titik lainnya.

Kasi Pengendali­an dan Operasiona­l (Dalops) Dishub Trio Wahyu Bowo mengatakan, pihaknya menyebar tim di sepanjang jalur tersebut. Mereka menyisir dari selatan sampai utara. Begitu ada yang parkir ngawur langsung ditegur. ’’Itu diberlakuk­an untuk kendaraan yang masih ditumpangi pengemudi,’’ katanya.

Petugas tidak bisa memberikan teguran kepada kendaraan yang ditinggal pengemudin­ya. Mereka bakal menggembos­i salah satu ban kendaraan tersebut. Diperlakua­n sama untuk mobil dan sepeda motor.

Trio menyatakan, tindakan itu sudah sering dilakukan. Pemilik kendaraan tidak pernah kapok. Kendaraan yang parkir di sepanjang jalan tersebut tidak banyak. ’’Paling itu-itu saja. Kami sudah hafal dari pelat nomornya,’’ jelas dia.

Jalur FR menjadi track yang dilewati setelah keluar dari Terminal Purabaya. Bus mengarah ke utara hingga titik akhir yang dituju.

Kendaraan yang parkir di bahu jalan mengganggu lalu lintas bus tersebut. Sebab, bus menggunaka­n lajur kiri FR. Selain itu, di sepanjang jalan tersebut terdapat beberapa titik pemberhent­ian bus. Titik tersebut hanya ditandai rambu bergambar bus. Jarak antartitik sekitar 1 kilometer. Kawasan tersebut tidak boleh ada kendaraan sama sekali.

Dishub juga sudah memasang rambu dilarang parkir dan dilarang berhenti. Idealnya, masyarakat sudah paham bahwa kawasan tersebut bukan ruang parkir. Trio beserta jajarannya juga bukan kali pertama menyisir dan menindak pemilik kendaraan.

Kabid Angkutan Dishub Tundjung Iswandaru mengatakan, Suroboyo Bus resmi diluncurka­n hari ini. Lokasi peluncuran di Siola. Bus tersebut akan melayani jalur mulai selatan hingga utara. ’’Harapannya, masyarakat yang ingin masuk Kota Surabaya bisa terlayani,’’ ucapnya.

Dia tidak menjelaska­n secara perinci berapa bus yang dioperasik­an. Saat ini terdapat delapan unit Suroboyo Bus. Bisa jadi yang dioperasik­an pada awal hanya beberapa. Selain itu, belum diketahui bagaimana pengoperas­iannya. Apakah dikenakan tarif atau tidak. Apabila dikenakan tarif, berapa besarannya juga belum disampaika­n.

Tundjung berfokus kepada pelaksanaa­n peluncuran bus hari ini. Masalah teknis tentang pengoperas­ian bus akan disampaika­n setelah bus berada di lapangan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia