Jawa Pos

Asyiknya Bersamasam­a

Keseruan Porseni Antarnapi dan Tahanan

-

SIDOARJO – Siti Choiriyah bukan main girangnya. Napi kasus narkoba itu berteriak riang ketika timnya menang lomba tarik tambang kemarin (6/4). Lomba yang dihelat Lapas Kelas II-A Sidoarjo tersebut merupakan bagian dari Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) antarnapi dan tahanan.

”Hak e...hak e...hak e...,” seru Siti Choiriyah sambil bernyanyi dan berjoget-joget.

Itulah salah satu kegembiraa­n bagi Mak Nyak, sapaan akrab Siti, di tengah hidup dalam lapas. Tahun lalu tim perempuan 54 tahun itu juga juara lomba tarik tambang. Tubuh Mak Nyak yang besar dan kekar menjadi salah satu modal. Begitu melihat tubuhnya, tim lawan pun minder duluan.

Bukan hanya Mak Nyak yang berjoget gembira. Pendukungn­ya dari satu kamar juga bergoyang-goyang saat tim lawan terjengkan­g. Salah satu lawan yang tumbang itu adalah tim dari blok W-1. Nah, di kelompok tersebut, ada Siti Nur Halimah, perempuan yang diadili garagara membuang cucunya sendiri.

”Tidak berlatih sama sekali,” kata Mak Nyak. Meski riang gembira, ibu tujuh anak itu mengaku tangannya sakit setelah bertanding. ”Merah semua. Tapi, yang penting asyiknya sama-sama,” lanjutnya.

Pada Porseni di lapas kemarin, tim blok laki-laki juga bertanding. Namun, lawan mereka bukan sesama tahanan. Mereka beradu kuat dengan pegawai lapas. Pada babak pertama, kelompok pegawai menang. Tapi, pada babak kedua, tahanan dan napi yang unggul. Di antara anggota tim pegawai, ada Kasubsi Bimbingan Kemasyarak­atan dan Perawatan Lapas Kelas II-A Sidoarjo Rudi Kristiawan. Dia pun sempat ndelosor saat timnya kalah. Namun, senyum tetap mengembang.

”Porseni ini dari kita untuk kita,” ucap Kepala Lapas Kelas II-A Sidoarjo Jumadi. Dia berharap, melalui kegiatan tersebut, akan tercipta kedamaian dan ketenteram­an dalam penjara. Kegiatan itu juga menjadi sarana hiburan bersama.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? KEGIATAN TAHUNAN: Tim napi-tahanan beradu kuat tarik tambang melawan pegawai Lapas Kelas II-A Sidoarjo dalam Porseni kemarin.
BOY SLAMET/JAWA POS KEGIATAN TAHUNAN: Tim napi-tahanan beradu kuat tarik tambang melawan pegawai Lapas Kelas II-A Sidoarjo dalam Porseni kemarin.
 ?? MAYA APRILIANI/JAWA POS ?? BERTAHAN: Siti Choiriyah (depan) dan timnya menjadi juara tarik tambang.
MAYA APRILIANI/JAWA POS BERTAHAN: Siti Choiriyah (depan) dan timnya menjadi juara tarik tambang.
 ?? MAYA APRILIANI/JAWA POS ?? HIBURAN: Siti Nur Halimah (depan) ikut lomba tarik tambang.
MAYA APRILIANI/JAWA POS HIBURAN: Siti Nur Halimah (depan) ikut lomba tarik tambang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia