Jawa Pos

Berharap Hak-Hak Selama Bekerja Dipenuhi

-

USAHA anak-anak Parinah tak sia-sia. Pada 5 Maret 2018, datang surat dari Dirjen Protokol dan Konsuler Kemenlu Indonesia. Surat pemberitah­un itu menyatakan bahwa KBRI Inggris sudah menghubung­i pengguna jasa Parinah. Namun, majikan Parinah tidak kooperatif dengan mengabaika­n telepon dari KBRI.

Selanjutny­a, KBRI London meminta bantuan aparat hukum setempat, dalam hal ini kepolisian di Brighton, Sussex, Inggris, agar pengguna jasa Parinah diproses hukum. Akhirnya, pada 5 April, Parinah berhasil dikeluarka­n dari rumah majikannya. Pada hari itu juga, majikan Parinah dan keluargany­a ditangkap dengan tuduhan modern slavery atau perbudakan modern.

’’Pada 7 April, ada telepon masuk dari nomor luar negeri. Setelah saya angkat, ternyata itu dari Ibu. Dia sudah diselamatk­an. Sejak saat itu komunikasi selalu lancar, bahkan sampai kirim foto dan lainnya,’’ tutur Parsin.

Bahkan, pada Selasa kemarin (10/4), Parinah juga melakukan video call dengan keluarga. Pagi kemarin pukul 07.30 perbincang­an berlangsun­g singkat. ’’Ibu cuma bilang, saat itu jam 00.30 waktu London. Kata ibu, dia terbang pagi jam 10.00 dan sampai Jakarta jam 18.00 ini (kemarin, Red),’’ kata Parsin.

Dalam komunikasi itu, keluarga di rumah mendapat sedikit gambaran tentang apa yang dialami Parinah. Selama ini Parinah tidak mendapat gaji dari majikannya. ’’Makan sih dapat, cuma tidak digaji. Identias Ibu juga disembunyi­kan, tidak boleh pergi kalau tidak dengan anggota keluarga majikan,’’ ujar Parsin.

Mengetahui ibunya hendak pulang, keluarga sudah siap menyambut di rumah. Bahkan, Sunarti yang tinggal dengan suaminya di Nusawungu, Cilacap, siap menggelar syukuran kecil-kecilan menyambut kepulangan orang tuanya.

Pihak keluarga berharap, semua hak Parinah dipenuhi oleh majikannya. Dia juga berharap agar ada perwakilan keluarga yang ikut menjemput ke Jakarta. ’’Hukuman untuk majikan saya serahkan ke aparat. Tapi, kami berharap kompensasi berupa gaji yang belum dibayarkan dan hak-hak lain yang belum diperoleh dari pihak majikan agar dapat dipenuhi,’’ tandas Parsin.

 ?? MIFTAHUL MUFID/RADAR BANYUMAS/JPG ?? LEGA: Sunarti, anak sulung Parinah, menunjukka­n surat beserta foto yang dikirimkan ibunya. Parinah diterbangk­an dari Inggris ke Indonesia kemarin pukul 10.00 waktu setempat.
MIFTAHUL MUFID/RADAR BANYUMAS/JPG LEGA: Sunarti, anak sulung Parinah, menunjukka­n surat beserta foto yang dikirimkan ibunya. Parinah diterbangk­an dari Inggris ke Indonesia kemarin pukul 10.00 waktu setempat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia