Jawa Pos

Ditantang Lagu Berbagai Genre

Maria dan Abdul ke Grand Final Indonesian Idol

-

JAKARTA – Grand final Indonesian Idol 2018 dua pekan lagi (23/4) menjadi milik dua kontestan termuda dan tertua musim ini. Yakni Maria Simorangki­r, 16, dan Ahmad Abdul, 27. Tiket tersebut mereka raih setelah penampilan maksimal dalam babak tiga besar pada Senin malam (9/4). Maria membawakan lagu Whitney Houston yang supersulit, I Have Nothing, sedangkan Abdul menyanyika­n Better Man milik Robbie Williams.

Sudah banyak yang memprediks­i bahwa keduanya paling layak ke grand final. Terlebih setelah penampilan kontestan lain, Joanita Veroni, dikritik juri. Dia dinilai tidak konsisten ketika membawakan Jailhouse Rock karya Elvis Presley. Maia Estianty bahkan menyebut Joan mendapat suntikan setiap pekan untuk menjaga stamina. ’’Kalaupun Joan menang Indonesian Idol, kuat

nggak menjalanin­ya nanti. Penonton harus bijak juga, ya,’’ kata Maia saat itu.

Meski sudah banyak dijagokan, Maria dan Abdul tetap kompak menyatakan bahwa hal itu tidak terduga. Mereka sama-sama mengatakan tidak punya target untuk masuk ke dua besar. ’’Perjuangan menyisihka­n ratusan ribu pesaing sejak audisi hingga babak spektakule­r sudah sangat luar biasa,’’ tutur Maria dalam konferensi pers di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, kemarin (10/4).

Maria dikenal dengan teknik vokalnya yang bagus dan powerful. Lagu genre apa pun akan terdengar megah dan wow saat dibawakann­ya. ’’Tapi, itu semua nggak akan cukup kalau tanpa dukungan dan penampilan yang bagus. Jadi, saya masih harus terus berjuang,’’ kata Maria yang pernah mengikuti ajang Indonesian Idol Junior pada 2014.

Sementara itu, Abdul, pria berdarah KupangAceh, punya suara yang khas. Headvoice tinggi, namun tetap enjoyable. Pria yang mengawali karir sebagai penyanyi dan musisi kafe itu sempat dipuji Adam Levine dan The Script yang menjadi bintang tamu di Idol Senin malam lalu.

Pada grand final nanti, Maria dan Abdul bakal ditantang membawakan beberapa lagu sekaligus. Pertama, lagu cinta ciptaan Yovie Widianto. Selanjutny­a, mereka akan membawakan lagu bergenre EDM bersama seorang DJ yang belum diungkapka­n. Setelah itu, mereka harus menyanyika­n satu lagu berbahasa Inggris. Terakhir, mereka akan membawakan single baru berjudul Yang

Terbaik. Keduanya berusaha mengenal lagu lebih dalam agar bisa menyanyika­nnya dengan baik. ’’Bagi kami, menyatu dengan lagu adalah kunci utama agar soul bisa keluar lewat suara dan penampilan,’’ kata Abdul.

Dalam franchise Idol, ada mitos yang tidak enak. Sang juara biasanya kalah sukses jika dibandingk­an runner-up atau finalis. Misalnya Judika (season 2), Citra Scholastik­a (season 6), dan Virzha (season 8) yang lebih populer daripada pemenang musim tersebut. Maria dan Abdul sudah mendengar mitos tersebut dan santai saja. ’’Pokoknya tugas kami adalah berikan yang terbaik di saat Indonesian Idol maupun sesudahnya,’’ kata Maria.

Mereka adalah dua kontestan yang paling stabil perkembang­annya, baik dalam soal penampilan maupun vokal.’’

ARI LASSO

Maria sama Abdul itu talentatal­enta muda yang menjanjika­n. Mereka tahu bakat dan masa depan mereka.’’

BUNGA CITRA LESTARI

Maria teknik vokalnya super, Abdul suara unik. Peluang mereka 50:50.’’

JUDIKA

Mereka punya bakat jadi produser untuk diri mereka sendiri. Artinya, mereka bisa pilih lagu dan musik yang cocok untuk mereka.’’

ARMAND MAULANA

 ?? IMAM HUSEIN/JAWA POS ?? TERBAIK: Dari kiri, Abdul, Joan, dan Maria bernyanyi bersama Rizky Febian dalam salah satu segmen road to grand final Indonesian Idol Senin malam (9/4).
IMAM HUSEIN/JAWA POS TERBAIK: Dari kiri, Abdul, Joan, dan Maria bernyanyi bersama Rizky Febian dalam salah satu segmen road to grand final Indonesian Idol Senin malam (9/4).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia