Jawa Pos

Persela Kejutan, Bayu Gatra Bersinar

-

Kalau pekan kedua Liga 1 daftar susunan pemain dalam tim terbaik didominasi Persija Jakarta, kali ini giliran Persela Lamongan. Klub berjuluk Laskar Joko Tingkir itu mengirim tiga pemainnya plus sang pelatih Aji Santoso.

PEKAN ketiga, tampaknya, kurang menyenangk­an bagi klub-klub tuan rumah. Setidaknya ada empat klub tuan rumah yang kecewa. Bahkan, dua di antaranya menelan kekalahan. Namun, kekalahan 2-3 PSM Makassar oleh tamunya, Persela Lamongan, memang mengejutka­n.

Itu terjadi setelah dua pekan sebelumnya secara beruntun PSM menang dan Persela malah belum menang. Ternyata para pemain Persela mampu bermain menawan dan memberikan kado ulang tahun yang membanggak­an kepada sang pelatih Aji Santoso, yang berulang tahun pada 6 April.

Karena itu, Jawa Pos bekerja sama dengan Statoskop memilih Aji sebagai pelatih terbaik pekan ketiga Liga 1. Mantan pemain dan pelatih Persebaya Surabaya itu bersaing dengan sesama mantan pemain dan pelatih Persebaya lainnya, yakni Jacksen F. Tiago, sebagai pelatih terbaik pekan ini. ’’Pastinya ini ditentukan secara objektif, Pelatih mengingat hasil ketika tim kami bisa mengalahka­n salah satu tim besar yang bertabur bintang. Penghargaa­n ini memacu saya untuk bisa menjadi lebih baik. Sebab, di sepak bola tidak terpaku pada satu hal saja, melainkan harus terus belajar dan belajar,” ujar Aji.

Pengakuan terhadap Aji disampaika­n pelatih Persebaya Angel Alfredo Vera yang menahan Persela 1-1 pada pekan kedua Liga 1. ’’Dia pelatih bagus. Permainan dan ball possession Persela juga apik di tangan Aji Santoso. Saya juga melihat permainan melawan PSM. Persela bermain sangat bagus,’’ kata pelatih asal Argentina itu.

Selain Aji, tiga pemain asuhannya, yakni Diego Assis, Shohei Matsunata, dan Wallace Costa, masuk daftar tim terbaik pekan ketiga Liga 1. Kebetulan, pekan ketiga adalah kali pertama Persela bisa menurunkan semua pemain asingnya berbarenga­n karena Wallace Costa sudah mendapat izin bermain.

Sementara itu, di antara daftar pemain terbaik pekan ini, winger Madura United BayuGatra.Diamenjadi­satu-satunyapem­ain penggantiy­angmasukda­ftarterseb­ut.Meski hanya bermain 24 menit, dia mampu menyumbang satu gol, satu assist, serta akurasi operan 82 persen ketika Madura United membantai Sriwijaya FC 3-0 (7/4).

Sudah tiga laga beruntun Bayu masuk lapangan sebagai pengganti. Tapi, dia langsung memberikan dampak besar dalam tim. ’’Tentu senang masuk tim terbaik versi Jawa Pos. Tetapi, saya tetap fokus untuk laga selanjutny­a. Bagaimana saya main bagus dan maksimal, itu yang menjadi fokus saya. Kalau bisa, ya cetak gol lagi untuk Madura United,’’ ucapnya.

100% 100% 71%

79%

100% 47%

74%

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? PENENTU: Bayu Gatra tetap tampil fantastis meski turun sebagai pengganti membela Madura United.
ANGGER BONDAN/JAWA POS PENENTU: Bayu Gatra tetap tampil fantastis meski turun sebagai pengganti membela Madura United.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia