Jawa Pos

Debu Melatih Konsentras­i Atlet

CdM Syafruddin ketika Melihat Latihan Panahan

-

JAKARTA – Keluhan atlet pelatnas panahan Indonesia tentang debu proyek penataan kawasan Gelora

Bung Karno

(GBK) juga direspons oleh

Chief de Mission

(CdM) Indonesia

Komjen Pol Syafruddin. Kemarin ketua kontingen Merah Putih itu melihat langsung latihan atlet panahan di Senayan, Jakarta.

Syafruddin pun merasakan langsung debu yang masuk ke venue panahan. Debu tersebut berasal dari proyek penataan kawasan GBK yang berada di samping venue panahan. Saat ditanya wartawan mengenai hal itu, Syafruddin menyatakan tidak ada yang perlu dipermasal­ahkan.

’’Justru malah melatih konsentras­i dan fokus mereka. Malah jadi masalah juga kalau proyek nggak selesai. Sekaligus latihan mental,’’ ujar pria yang juga menjabat Wakapolri itu.

Jenderal bintang tiga itu berharap, cabang olahraga panahan bisa membuat kejutan dengan meraih lebih dari satu medali emas yang dicanangka­n pemerintah. ’’Ayo, sama-sama kita berada di puncak nanti. Kita bisa, pasti bisa. Masyarakat berharap besar Indonesia bisa juara di tanah sendiri,’’ ucapnya di hadapan para atlet pelatnas panahan.

Pemanah compound putra Prima Wisnu Wardhana menyatakan optimistis untuk memenuhi target medali. Namun, untuk meraih medali emas di nomornya, yakni

compound beregu putra dan campuran, peluang dia 50 persen. Menurut dia, negara pesaing, misalnya Korea Selatan dan Taiwan, memiliki kualitas latihan di atas pelatnas Merah Putih.

’’Melihat video latihan atlet Korea Selatan, mereka didampingi semacam tim IT,’’ urainya. Memang, secara kuantitas latihan, pengurus sudah mempersiap­kan training camp sejak November serta tryout, misalnya kejuaraan dunia di Thailand, Tiongkok, dan Turki. Tapi, secara kualitas latihan, pemanah kelahiran Jogjakarta itu menilai sama saja persiapann­ya ketika hendak menghadapi SEA Games.

’’Secara pribadi, saya mengingink­an TC di luar negeri. Kiblat panahan

kan Korea Selatan. Ya seharusnya latihannya di sana untuk menambah ilmu,’’ imbuh Prima. Jam terbang latih tanding melawan pemanah Korsel seharusnya bisa dimasukkan agenda pelatnas.

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? BIDIK: Atlet panahan Indonesia ketika berlatih di Lapangan Panahan Senayan, Jakarta, Kamis (5/4).
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS BIDIK: Atlet panahan Indonesia ketika berlatih di Lapangan Panahan Senayan, Jakarta, Kamis (5/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia