Jawa Pos

Perenang Pelatnas Dipastikan Tampil

Jatim Siap Jadi Tuan Rumah Festival Akuatik Indonesia

-

SURABAYA – Pergelaran Festival Akuatik Indonesia (FAI) 2018 kurang lima hari lagi. Empat cabor sekaligus, yaitu renang, renang artistik, loncat indah, dan polo air, akan dipertandi­ngkan di kejuaraan nasional tersebut.

Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (P B P R SI) menunjuk Jati m sebagai tuan rumah. Sebab, Stadion Akuatik Gelora Bung Karno Jakarta sedang direnovasi untuk persiapan Asian Games.

”Tidak ada pilihan. Sebab, Palembang juga tidak siap. Jatim menawarkan diri menjadi tuan rumah. Semoga bisa membantu menggairah­kan akuatik di Jatim,” ucap Harlin Rahardja, wakil ketua II PB PRSI.

Jatim tak memiliki kompleks akuatik sehingga FAI diselengga­rakan di tiga tempat berbeda. Cabor renang bertempat di kolam renang KONI Jatim di Surabaya. Sementara itu, renang artistik dan polo air dilaksanak­an di kolam renang GOR Renang Sendang Delta, Sidoarjo.

Kolam renang Graha Residen Surabaya dipilih untuk cabor loncat indah. ”Kami bertugas menyiapkan sarana prasarana dan pendukung nonteknis seperti medis, keamanan, dan kebersihan. Sejauh ini persiapan sudah 80 persen,” ujar Chusaini Matleq, panitia pelaksana lokal Jatim.

Hanya memiliki waktu tiga minggu untuk mempersiap­kan segala keperluan sebelum hari H, Chusaini sudah memastikan semua kolam renang siap digunakan dan sesuai standar nasional. Misalnya, kolam renang KONI Jatim yang kedalamann­ya telah diubah dari 1,20 meter menjadi 1,45 meter sesuai standar yang ditetapkan FINA (Federasi Renang Internasio­nal).

 ?? TYASEFANIA FEBRIANI/JAWA POS ?? STANDAR: Kolam renang KONI Jatim yang akan digunakan sebagai venue renang Festival Akuatik Indonesia pekan depan.
TYASEFANIA FEBRIANI/JAWA POS STANDAR: Kolam renang KONI Jatim yang akan digunakan sebagai venue renang Festival Akuatik Indonesia pekan depan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia