Jawa Pos

Tunggu Unas, Pendaftar Masih Sepi

-

SURABAYA – Sudah seminggu pendaftara­n seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN) berlangsun­g. Hingga kemarin pukul 19.00, untuk sementara, total pendaftar sistem ujian tertulis berbasis cetak (UTBC) sebanyak 3.651 orang. Rata-rata yang mendaftar angkatan 2016–2017.

Humas Panitia Lokal (Panlok) 50 Surabaya Suko Widodo mengatakan, pendaftar sementara SBM PTN sistem UTBC terbilang masih sedikit. Sebab, siswa kelas XII SMA sederajat saat ini disibukkan dengan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). ’Hampir semua siswa kelas XII menunggu selesai unas. Baik yang ikut SNM PTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri) atau tidak,’ katanya. Suko menuturkan, ada pula siswa yang masih menanti pengumuman SNM PTN pada 17 April nanti

Hampir semua siswa kelas XII menunggu selesai unas. Baik yang ikut SNM PTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri) atau tidak.”

SUKO WIDODO Humas Panitia Lokal (Panlok) 50 Surabaya

Karena itu, mayoritas pendaftar SBM PTN sistem UTBC masih angkatan 2016–2017. Namun, diperkirak­an, jumlah pendaftar akan meningkat drastis setelah pengumuman SNM PTN selesai. ’’Kalau angkatan di bawah 2017, mayoritas mengikuti UTBC,” ujarnya.

Untuk sementara, pendaftar paling banyak masih jurusan sosial dan humaniora (soshum) dengan 1.891 orang. Disusul jurusan sains dan teknologi (saintek) 1.329 orang dan campuran 431 orang. Suko menjelaska­n, mereka yang sudah mendaftar SBM PTN harus membayar sesuai prosedur. Kemudian, mereka bisa melakukan registrasi dan memilih jurusan.

Berbeda dengan tahun lalu, dalam pendaftara­n SBM PTN tahun ini, hampir tidak ada kendala administra­si seperti foto. Tahun lalu banyak pendaftar yang mengunggah foto selfie. ’’Kami sudah memandu dengan pemberian informasi secara masif. Jadi, sudah jarang kesalahan seperti tahun lalu,’’ ujarnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia