Jawa Pos

KPU Mulai Pasang Baliho Pilgub

-

SURABAYA – Alat peraga kampanye (APK) menjelang pilgub mulai menghiasi Kota Pahlawan. Sejak Senin (9/4), KPU Surabaya memasangny­a di sejumlah titik di Surabaya.

Total ada lima baliho yang bakal dipasang di seantero kota. Selain itu, KPU menyiapkan sepuluh umbul-umbul untuk setiap kecamatan. Juga, satu spanduk di tiap-tiap kelurahan. Total ada 478 atribut yang akan dipasang.

Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi menjelaska­n bahwa atribut tersebut disediakan KPU. Itu belum yang dari tim kampanye masing-masing pasangan calon. Berdasar Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2017, ditentukan bahwa tim paslon boleh memasang atribut maksimal 150 persen dari jumlah yang ditentukan KPU. ’’Jadi, misalnya untuk baliho, mereka boleh pasang sampai delapan buah,’’ jelasnya kemarin (10/4).

Lokasi pemasangan ditentukan hanya untuk APK dari KPU. Atribut milik paslon boleh dipasang di mana saja, kecuali tiga titik. Yakni, rumah ibadah, lembaga pendidikan, dan lembaga pemerintah­an. ’’Soal pelanggara­n, nanti yang menindak langsung panwas,’’ lanjut Syamsi.

Dia menegaskan bahwa kemungkina­n pelanggara­n pemasangan baliho sangat kecil. KPU Surabaya dan panwaslu bakal bekerja sama dengan pemkot, khususnya Satpol PP dalam mengawasi APK yang terpasang. Dia memastikan bahwa aturan yang berlaku sudah mempertimb­angkan juga kebutuhan ideal APK sehingga tidak mengganggu estetika di kawasan publik.

Untuk APK yang dipasang KPU, lanjut dia, akan dibuatkan berita acara. Syamsi menjelaska­n bahwa setelah ditandatan­gani tim paslon, APK tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab tim paslon. Termasuk perawatan jika terjadi kerusakan.

Instrumen pendukung kampanye itu sebenarnya boleh dipasang sejak H+3 penetapan calon, yakni 15 Februari. Seluruh atribut tersebut bisa terus dipampang hingga maksimal H-3 pemungutan suara. ’’Aturannya terakhir H-3 atau 23 Juni mendatang,’’ jelas Syamsi.

Jadi, misalnya untuk baliho, mereka boleh pasang sampai delapan buah.”

NUR SYAMSI Ketua KPU Surabaya

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? CALON GUBERNUR: Alat peraga kampanye (APK) pilgub mulai dipasang di beberapa jalan protokol di Surabaya.
DITE SURENDRA/JAWA POS CALON GUBERNUR: Alat peraga kampanye (APK) pilgub mulai dipasang di beberapa jalan protokol di Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia