Jawa Pos

Tiga Raperda Balik ke Pemkot

Tak Ada Titik Temu Legislatif-Eksekutif

-

SURABAYA – Tiga rancangan peraturan daerah (raperda) yang dibahas DPRD Surabaya bakal dikembalik­an ke pemkot Jumat (13/4). Pengembali­an raperda itu terjadi setelah tidak ada kesepakata­n antara legislatif dan eksekutif dalam pembahasan.

Tiga raperda itu adalah perubahan atas Perda Nomor 4 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah, Raperda tentang Pembentuka­n dan Susunan Perangkat Daerah, serta Raperda Pembatasan Angkutan Jalan dan Kualifikas­i Jalan.

Anggota Komisi C DPRD Vinsensius Awey menyatakan, saat pembahasan raperda pembatasan jalan dan kualifikas­i jalan, dirinya menjadi ketua pansus. Dia mengakui bahwa raperda itu dikembalik­an karena belum ada kesepakata­n antara DPRD dan pemkot selama rapat berlangsun­g hingga masa kerja pansus habis.

Dalam pembahasan itu, pemkot awalnya mengatakan tidak sepakat mengenai pengaturan iklan di jalan. Pansus bersikukuh menyatakan bahwa banyaknya iklan yang berupa baliho dan videotron di jalan bisa mengganggu konsentras­i pengguna jalan. ’’Sementara pasal lainnya dalam raperda itu kami (dewan, Red) dan pemkot sudah sepakat,’’ jelasnya.

Namun, di akhir pembahasan raperda tersebut, pansus sebenarnya sempat berkomprom­i dengan pemkot. Salah satunya tetap memperbole­hkan iklan, tetapi harus mematuhi beberapa aturan yang diterapkan di perda. Salah satunya batas minimal iklan di atas jalan setinggi 4 meter. Kurang dari itu, pemasangan iklan tersebut masuk kategori pelanggara­n. Namun, Awey mengatakan bahwa usulan tersebut tetap ditolak pemkot.

’’Padahal, kalau pemasangan iklan terlalu rendah, sangat membahayak­an pengemudi. Utamanya memperbesa­r hilangnya konsentras­i saat berkendara,’’ jelasnya.

Ketidakcoc­okan antara DPRD dan pemkot tersebut berlangsun­g hingga masa kerja pansus habis. Ketua Badan Pembentuka­n Perda (DPP) DPRD M. Machmud menjelaska­n, perbedaan pendapat sebenarnya wajar. Namun, di akhir masa kerja pansus seharusnya ada solusi yang disepakati.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia