Jawa Pos

Lebih dari 2 Ribu Paspor Haji Selesai

-

SURABAYA – Musim pemberangk­atan calon jamaah haji masih lebih dari 4 bulan lagi. Meski begitu, penggarapa­n paspor calon jamaah haji (CJH) terus dikebut. Sebagian sudah diserahter­imakan kepada pemilik dokumen tersebut.

Ada empat wilayah yang dilayani Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya. Yaitu, Kota Surabaya, Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, dan Sidoarjo. Dari empat wilayah itu, yang paling banyak Surabaya. Jumlah pemohon di atas seribu CJH. Kini yang diproses sudah separo.

Kabid Lalu Lintas dan Status Keimigrasi­an Wardhani menyatakan, layanan pemohon paspor untuk calon jamaah haji terus berlanjut. Sebagian yang sudah tuntas langsung diserahkan kepada pemiliknya. Sisanya masih dalam proses perekaman hingga pencetakan. ’’Kami upayakan semaksimal mungkin agar semua calon jamaah terlayani dengan baik,’’ katanya.

Sebelumnya, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya menarget pengurusan paspor calon jamaah haji tuntas sebelum bulan puasa atau sekitar pertengaha­n Mei. Tujuannya, calon jamaah tidak kesulitan saat pemberangk­atan. Sebab, masih ada tahap yang harus dilewati setelah pengurusan paspor tuntas.

Tahap itu berupa pengurusan visa. Biasanya, pengurusan visa dilaksanak­an secara kolektif oleh kantor Kementeria­n Agama masing-masing. Dokumen mereka dikirim ke Kedutaan Arab Saudi di Jakarta. Pengurusan tersebut butuh waktu beberapa minggu. Agar tidak terhambat, penyerahan paspor dan dokumen lainnya harus dilaksanak­an sejak awal.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia