Jawa Pos

Prioritask­an RDTRK Tiga Kecamatan

Yakni, Krian, Tarik, serta Tanggulang­in

-

SIDOARJO – Penyusunan rencana detail tata ruang kabupaten (RDTRK) Kecamatan Krian, Tarik, serta Tanggulang­in akan menjadi prioritas. Kepala Badan Perencanaa­n Pembanguna­n Daerah (Bappeda) Sidoarjo Agoes Budi Tjahjono menyebut prioritas tersebut berdasar sejumlah pertimbang­an. ”Salah satunya perkembang­an wilayah. Banyak investasi yang masuk ke tiga kecamatan itu,” terangnya.

Dia memisalkan Krian. Dalam rencana tata ruang wilayah (RTRW), pemkab sudah mengembang­kan Krian sebagai lokasi perdaganga­n, jasa, serta industri. ”Saat ini banyak industri dan jasa yang berdiri di Krian. Diharapkan perkembang­an perdaganga­n, jasa, dan industri Salah satunya perkembang­an wilayah. Banyak investasi yang masuk ke tiga kecamatan itu.”

Kepala Bappeda Sidoarjo

kian pesat di sana,” ucapnya.

Pertimbang­an yang kedua adalah ketersedia­an lahan hijau. Misalnya, pertanian dan perkebunan. Agoes menuturkan, RDTRK itu disusun sebagai benteng perlindung­an untuk lahan hijau. ”Contohnya, mengatur berapa jarak pabrik dan lahan hijau,” ucapnya. ”Dengan begitu, lahan hijau tak tergerus,” lanjutnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sidoarjo Sigit Setyawan mengatakan, pemkab sudah mengatur peruntukan tiga kecamatan

tersebut. Kecamatan Tanggulang­in menjadi daerah industri dan persawahan. Krian perdaganga­n, industri, dan jasa. ”Sedangkan Tarik sebagai lahan hijau di Sidoarjo,” terangnya.

Dalam penyusunan RDTRK, kata Sigit, pemkab akan menghitung detail. Petugas turun ke lapangan melakukan pendataan. Misalnya, berapa hektare luasan sawah. Berapa luasan industri dan pemukiman.

Setelah itu, data tersebut dijadikan rujukan menyusun detail kawasan. ”Banyak yang tertarik investasi. Mayoritas pengembang perumahan dan industri,” terangnya. ”Namun terkendala dengan luasan lahan,” imbuhnya.

Menurut Sigit, derasnya arus investasi itu harus diatur pemkab. Salah satu caranya, setiap pengajuan permohonan pembanguna­n, pemkab akan melihat RDTRK. ”Kalau luasannya memakan lahan lain, izinya tidak bisa keluar,” jelasnya.

Tuntas menyusun RDTRK tiga kecamatan, pembanguna­n akan berlanjut ke wilayah lainnya. Terutama kawasan yang masih banyak lahan hijau. Misalnya, Krembung dan kawasan timur.

Sekadar informasi, pemkab sudah menuntaska­n penyusunan enam RDTRK. Yakni, Kecamatan Candi, Sidoarjo, Waru, Wonoayu, Balongbend­o, serta Prambon. Saat ini hasil penyusunan tersebut diajukan ke pemprov untuk mendapatka­n persetujua­n.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? RESIDIVIS: Kusmaidin dikeler petugas saat ungkap kasus pencurian di Polresta Sidoarjo kemarin. Dia tertangkap di rumah adiknya di Krian.
BOY SLAMET/JAWA POS RESIDIVIS: Kusmaidin dikeler petugas saat ungkap kasus pencurian di Polresta Sidoarjo kemarin. Dia tertangkap di rumah adiknya di Krian.
 ??  ?? AGOES BUDI TJAHJONO
AGOES BUDI TJAHJONO

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia