Jawa Pos

Clay untuk Yang Terkasih

-

SURABAYA – Hadiah untuk orang-orang terkasih di hari istimewa seperti ulang tahun atau pernikahan biasanya dipilih yang unik dan berkesan. Petra Dewi Handayani, pembuat seni kerajinan berbahan clay, mengungkap­kan, kebanyakan orang tertarik dengan kado custom karena bentuk yang dihasilkan tidak pernah sama antara satu dengan yang lain.

Seni kerajinan clay yang ditekuni Petra sejak 2005 itu kerap dipilih para pencari kado. Juara TV Champion Indonesia 2017 edisi pembuatan clay di salah satu televisi swasta tersebut memiliki ciri khas tersendiri. Yakni, clay yang berkarakte­r anime atau kartun Jepang. Bukan karakter yang realis seperti wajah seseorang yang mirip dengan aslinya.

’’Aku khusus bikin tipe-tipe kartun karena itu lebih cute,” terang alumnus Jurusan Arsitektur UK Petra tersebut. Karena itu, tidak mengherank­an, beragam clay yang dia buat selalu mengarah pada tipikal karakter kartun yang menonjolka­n kesan lucu. Misalnya clay dalam boks akrilik yang di dalamnya terdapat karakter pasangan suami istri yang tengah duduk di sebuah kamar bergaya klasik.

Petra membuat clay sepasang suami istri itu berdasar foto yang diberikan si pemesan. Namun, wajahnya tidak dibuat sama persis dengan foto. Meski begitu, ciri-ciri utama dari wajah yang ada dalam foto seperti rambut, proporsi tubuh, dan warna baju tetap disesuaika­n. Ibu dua anak itu mengungkap­kan, dirinya biasa membuat karakter dari clay yang dimulai dari kepala atau wajah lebih dulu. Proses berikutnya adalah membuat badan, kemudian dilanjutka­n ke bagian kaki.

Dengan langkah pembuatan yang urut dari atas ke bawah itu, dia mengaku lebih mudah dalam menyesuaik­an proporsi antar tiap-tiap bagian. Ada dua jenis clay yang digunakann­ya, air dry clay dan polymer clay. Untuk clay yang difungsika­n sebagai aksesori atau pajangan, yang dipakai air dry clay.

Sementara itu, jika akan ditempel di gelas untuk suvenir, yang digunakan adalah polymer clay. Berbagai jenis modelling tools juga kerap dipakai Petra untuk membuat clay menjadi lebih detail. ’’Kalau jarum aku pakai buat kasih detail tekstur yang lebih tegas seperti garis-garis rambut. Tusuk gigi juga, buat menjangkau detaildeta­il kecil seperti bikin lekukan baju,” imbuhnya.

Aksesori penunjang lain yang juga digunakan untuk mempermani­s tampilan akhir adalah bunga kering, manik-manik,

foam, kain flanel. Selain untuk kado maupun suvenir, clay punya fungsi lain, yakni pelengkap tampilan birthday cake maupun wedding cake.

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? DETAIL: Petra Dewi Handayani mengerjaka­n clay pesanan kliennya.
GALIH COKRO/JAWA POS DETAIL: Petra Dewi Handayani mengerjaka­n clay pesanan kliennya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia