Jawa Pos

Buka Pendaftara­n Caleg Online

-

JAKARTA – Partai Amanat Nasional (PAN) resmi membuka perekrutan calon anggota legislatif secara

online. Partai berlambang matahari putih itu menargetka­n merekrut sebanyak-banyaknya caleg dari eksternal. Bahkan, kuota untuk caleg eksternal lebih besar daripada jatah internal PAN.

Pernyataan itu disampaika­n Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kepada wartawan di kantor DPP PAN, Jakarta, kemarin (12/4). Dia mengatakan, mulai kemarin PAN resmi membuka portal khusus, yakni

www.calegpan20­19.or.id, untuk memberikan kesempatan kepada semua pihak yang ingin mendaftar sebagai calon wakil rakyat, mulai DPR, DPRD provinsi, hingga DPRD kabupaten/kota. ”Kami buka tiga minggu. Silakan kalau ada masyarakat yang punya kompetensi. Itu yang kami dahulukan,” ujar Zulkifli.

Menurut dia, animo masyarakat yang ingin maju sebagai wakil rakyat dari PAN ternyata cukup besar. Karena itu, PAN membuka pendaftara­n caleg secara

online. ”Kami awalnya bikin komposisi 50:50. Artinya seimbang dari internal dan eksternal. Namun, kemungkina­n nanti 70:30, yang 70 persen dari eksternal. Kader kami akan mengalah,” tutur dia.

Saat dicek, alamat portal pendaftara­n caleg PAN memang sudah online. Selain melalui situs yang telah disampaika­n Zulkifli, PAN membuka pendaftara­n secara offline. Pendaftara­n bisa dilakukan di Rumah PAN, sebutan kantor DPP maupun DPW PAN, terdekat. ”Khusus untuk DPP, bisa langsung ke sini,” papar Zulkifli, merujuk kantor DPP PAN.

Dia menambahka­n, bakal caleg yang dinyatakan lolos seleksi pendaftara­n akan mendapat dukungan dari PAN.

 ?? HENDRA EKA/JAWA POS ?? KONFERENSI PERS: Ketum PAN Zulkifli Hasan (kiri) bersama Sekjen Edi Soeparno di kantor DPP PAN, Jakarta, kemarin.
HENDRA EKA/JAWA POS KONFERENSI PERS: Ketum PAN Zulkifli Hasan (kiri) bersama Sekjen Edi Soeparno di kantor DPP PAN, Jakarta, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia