Jawa Pos

Dua Cagub Tegaskan Anti-Money Politics

-

DUA paslon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno ikut menegaskan komitmen mereka untuk mendukung pemerintah daerah yang bersih. Setelah pembekalan dan deklarasi, Saifullah menyatakan bahwa sistem pemerintah­an di daerah memang harus terbuka kepada publik. ”Kami berdua berkomitme­n untuk memperkuat pemerintah­an yang bersih dan antikorups­i seperti harapan masyarakat,” ujarnya.

Sebagai contoh, sistem yang sudah berjalan di Pemprov Jatim sangat terbuka. Tinggal diperkuat. Termasuk akuntabili­tas penggunaan anggaran.

Komitmenny­a untuk tidak menggunaka­n politik uang juga disampaika­n sejak awal masa kampanye. Menurut dia, politik uang tidak akan bisa dilakukan secara merata. Kubu pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak juga mengapresi­asi langkah KPK terkait pilkada bersih. Sebab, hal itu sangat penting untuk mengingatk­an semua kandidat peserta pilkada agar tidak keluar dari jalur yang telah ditentukan. ”Kami sangat berterima kasih. Apalagi, KPK mengundang langsung seluruh calon, termasuk pasangan KhofifahEm­il,” kata Renville Antonio, sekretaris tim pemenangan paslon Khofifah-Emil.

Dia menegaskan, pasangan Khofifah-Emil maupun tim pemenangan sejak awal berusaha maksimal untuk mematuhi apa yang menjadi atensi KPK. ”Tak hanya saat masa kampanye, di tahap-tahap awal kami juga berusaha untuk mematuhi,” ujarnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia