Jawa Pos

Dorong Pemanfaata­n EBT

-

SURABAYA – Kementeria­n Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus menggalakk­an pemanfaata­n energi baru terbarukan (EBT). Hingga akhir 2017, bauran energi untuk pembangkit tenaga listrik masih didominasi batu bara dengan pangsa 58,41 persen. Pangsa EBT baru mencapai 13,07 persen.

’’Kementeria­n ESDM telah menginstru­ksi pihak PLN agar porsi EBT pada bauran energi pembangkit­an tenaga listrik dapat mencapai 23 persen pada 2025,’’ ujar Dirjen Ketenagali­strikan Kementeria­n ESDM Andy N. Sommeng kemarin (12/4).

Menteri ESDM Ignasius Jonan memaparkan, masa depan sektor EBT di Indonesia makin cerah. Itu dibuktikan dengan ditandatan­ganinya 70 proyek di sektor EBT sepanjang tahun lalu. Sementara itu, dalam empat tahun terakhir, terdapat 121 kontrak EBT yang ditandatan­gani. ’’Tahun 2017 menjadi tahun di mana kontrak EBT paling banyak ditandatan­gani, yakni 70. Lalu, diikuti 2014 sebanyak 23 kontrak, 2015 sejumlah 14 kontrak, dan 2016 sebanyak 14 kontrak,’’ ungkapnya.

Kapasitas gabunganny­a mencapai 1.214,1 mw. Di antara 70 kontrak itu, tiga telah masuk tahap commercial operation date (COD) dan 22 sudah masuk tahap konstruksi. Seluruhnya ditargetka­n rampung 2022. ’’Nah, saya juga sudah minta ke PPSDM (Pusat Pengembang­an Sumber Daya Manusia) untuk membantu menyadarka­n sektor industri dan masyarakat bahwa bauran energi itu penting untuk masa depan. Sisi sumber daya manusianya juga memenuhi syarat untuk pembanguna­n EBT,’’ tutur Jonan.

Salah satu usaha untuk menyiapkan sumber daya manusia tersebut adalah lewat penyelengg­araan workshop launching Badan Layanan Umum (BLU) PPSDM Ketenagali­strikan, Energi Baru Terbarukan, dan Konservasi Energi di Surabaya kemarin (12/4).

Kepala PPSDM KEBTKE Umi Asngadah mengatakan, BLU tersebut bertujuan meningkatk­an profesiona­litas dalam hal pendidikan dan latihan (diklat). Itu terdiri atas diklat kelistrika­n, energi baru, dan konservasi energi.

 ??  ??
 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? PERKUAT SDM: Ignasius Jonan membuka workshop launching BLU PPSDM KEBTKE di Surabaya kemarin.
FRIZAL/JAWA POS PERKUAT SDM: Ignasius Jonan membuka workshop launching BLU PPSDM KEBTKE di Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia