Jawa Pos

UNBK Selesai, Siswa Sujud Syukur

-

TULUNGAGUN­G – Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat sekolah menengah atas (SMA) usai diadakan kemarin (12/4). Beragam ekspresi ditunjukka­n siswa. Salah satunya, sujud syukur.

Misalnya, yang dilakukan ratusan siswa SMAN 1 Kedungwaru. Mereka sujud syukur di halaman sekolah dengan penuh haru. Itulah ungkapan rasa terima kasih kepada Tuhan setelah empat hari mereka mengikuti ujian tanpa kendala.

Dikomando seorang siswa, peserta UNBK gelombang pertama langsung berderet untuk sujud syukur. ’’Alhamdulil­lah, anak- anak bisa mengerjaka­n ujian dengan kemampuan masing-masing. Untuk mewujudkan rasa syukur, anak-anak berinisiat­if sujud syukur di halaman sekolah. Itu kemauan mereka sendiri,’’ jelas Kepala SMAN 1 Kedungwaru Harim Soejatmiko.

Setelah sujud syukur, siswa diimbau pulang dan memperbany­ak doa dengan harapan dapat nilai memuaskan. ’’Siswa perlu perbanyak kegiatan positif dan bermanfaat bagi orang lain agar nilai ujian mereka bagus dan maksimal,’’ tutur Harim.

Sistem pengumuman hasil ujian dan kelulusan sama seperti tahun-tahun lalu, yakni menggunaka­n jasa kurir untuk mengantark­an surat ke rumah setiap siswa. Alasannya, kegembiraa­n siswa tidak dirayakan dengan brutal dan anarkistis. Misalnya, coret-coret baju dan melakukan konvoi di jalan raya.

Salah seorang peserta ujian, Alifia Gholizatul Fitri, menyebut tidak memikirkan hasil ujian tersebut. Namun, dia terpikir ujian masuk perguruan tinggi. ’’Untuk ujian di SMA, saya yakin dan berdoa akan lulus dengan nilai bagus. Namun, setelah ini, masih ada ujian masuk perguruan tinggi, jadi waswas,’’ ucapnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia