Jawa Pos

Lebih Sakit daripada Cardiff

-

MADRID – Jika melawan Real Madrid kemarin dini hari WIB (12/4) adalah laga pemungkas Gianluigi Buffon di Eropa, kiper Juventus itu telah mengakhiri­nya dengan cara yang bakal ’’dikenang’’. Bukan karena turut berjuang membawa Juve unggul 3-0 atas Real, melainkan kartu merah yang diterima Buffon di pengujung laga.

Ketika pertanding­an di Santiago Bernabeu memasuki menit ke-92 plus 20 detik, bek Juve Medhi Benatia mendorong winger Real Lucas Vazquez yang berusaha mengontrol umpan sundulan dari Cristiano Ronaldo. Kaki Benatia juga melayang tinggi di dada Vazquez sehingga membuat pemain pengganti Casemiro itu jatuh tepat di hadapan Buffon.

Wasit asal Inggris Michael Oliver tanpa kompromi menunjuk penalti untuk Real. Semua pemain Juve sontak mengerubun­gi wasit yang masih berusia 33 tahun tersebut.

Buffon paling kalap. Kiper 40 tahun itu meneriaki Oliver. Dari rekaman televisi, Buffon terlihat berkata kasar kepada wasit yang baru tahun ini dipromosik­an sebagai wasit elite Eropa tersebut. Oliver pun memberikan kartu merah kepada Buffon. Wojciech Szczesny yang menjadi kiper pengganti gagal menghadang Cristiano Ronaldo untuk mencetak satu-satunya gol Real. Gol yang memupus perjuangan luar biasa Juve setelah membuat agregat 3-3 berkat brace Mario Mandzukic (2,’ 37’) dan Blaise Matuidi (61’). Sudah bisa ditebak, kubu Juve menghujat kepemimpin­an Oliver. Bahkan, di mixed zone, Buffon terus mencaci maki wasit yang belum lulus SD ketika dirinya membuat debut bersama Parma pada 1995 tersebut. ’’Di dalam dadanya bukan hati, tetapi sampah,’’ ucapnya kepada BBC Sport. Presiden Juve Andrea Agnelli malah menyatakan siap membantu pelatihan wasit UEFA apabila otoritas sepak bola Eropa tersebut tidak bisa menyediaka­n wasit berkualita­s. Agnelli sekaligus meminta jabatan kepala wasit UEFA (saat ini diduduki Pierluigi Collina) dirotasi 3–4 tahun sekali untuk mencegah konflik kepentinga­n dalam penugasan wasit. Sementara itu, bek Juve Giorgio Chiellini menyebut Real sering diuntungka­n keputusan wasit. Dalam tiga pertemuan terakhir Juve melawan Real, selalu ada kartu merah untuk pemain Nyonya Tua. Dalam final Liga Champions musim lalu di Millennium Stadium, Cardiff, misalnya, Juan Cuadrado yang terusir. Lalu, pada leg pertama di Allianz Stadium (4/4), Paulo Dybala yang kena kartu merah. ’’(Kekalahan kemarin dini hari WIB) lebih sakit (daripada di Cardiff),’’ ucap Chiellini kepada Juventus TV.(dra/c19/dns)

 ??  ??
 ?? FRANCISCO SECO/AP ?? BYE CHAMPIONS!: Wasit Michael Oliver mengeluark­an kartu merah untuk Gianluigi Buffon di Santiago Bernabeu (12/4).
FRANCISCO SECO/AP BYE CHAMPIONS!: Wasit Michael Oliver mengeluark­an kartu merah untuk Gianluigi Buffon di Santiago Bernabeu (12/4).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia