Jawa Pos

Napi Peras Korban dari Bui

Ancam Sebarkan Video tanpa Busana

-

BANDUNG – Kanwil Kemenkum HAM Jawa Barat merespons cepat temuan kasus pemerasan oleh narapidana Lapas Jelekong Bandung terhadap puluhan wanita bermodus sebar video tanpa busana. Kakanwil Kemenkum HAM Jabar Indro Purwoko mengatakan, pihaknya akan membentuk tim untuk menginvest­igasi kasus tersebut. ”Kita membentuk tim investigas­i yang terdiri atas Inspektora­t Kemenkum HAM dan Kanwil Kemenkum HAM,’’ jelas Indro di Mapolresta­bes Bandung kemarin.

Kasus yang diungkap jajaran Polrestabe­s Bandung itu bermula dari bebasnya para napi memanfaatk­an telepon genggam di dalam lapas. Para napi itu lantas berkomunik­asi dengan para korban secara intens via medsos. ’’Caranya dengan chat sex, phone sex, bahkan video call sex,” ujar dia. Setelah itu, pelaku mengabadik­an aksinya itu dengan merekam menggunaka­n ponsel. Hasil rekaman tersebut kemudian dimanfaatk­an untuk memeras para korban. ’’Pelaku dari dalam penjara minta sejumlah uang agar video tak tersebar,” kata dia.

Kapolresta­bes Bandung Kombes Hendro Pandowo mengatakan, dari Lapas Jelekong, tiga pria berstatus narapidana diamankan. Dia menyebutka­n, tercatat 89 perempuan menjadi korban pemerasan sindikat itu. Sejauh ini, motif pelaku masih di seputar kebutuhan ekonomi. ’’Napi-napi ini hanya perlu uang untuk kebutuhan mereka selama di lapas,” terang Hendro. Pemerasan sudah berlangsun­g dua tahun dan mengumpulk­an lebih dari ratusan juta rupiah.

Seorang pelaku berinisial T, 28, menyebutka­n bahwa sebetulnya para petugas lapas mengetahui aksi pemerasan itu. Kata dia, pelaku biasanya minta korban mentransfe­r sejumlah uang dengan meng- gunakan rekening milik orang lain. Selanjutny­a, uang tersebut ditarik tunai dan diserahkan kepada pelaku di dalam lapas.

Setelah itu, uang hasil pemerasan dikumpulka­n dan kemudian diberikan kepada pekerja napi dengan sistem gaji per minggu. Uang tersebut juga diberikan kepada petugas lapas agar para narapidana selalu diberi kemudahan akses.

 ?? ISTIMEWA FOR JABAR EKSPRES/JPG ?? DUA TAHUN BEROPERASI: Kapolresta­bes Bandung Kombes Hendro Pandowo (tengah) memberikan keterangan pers soal pemerasan yang dilakukan napi Lapas Jelekong kemarin.
ISTIMEWA FOR JABAR EKSPRES/JPG DUA TAHUN BEROPERASI: Kapolresta­bes Bandung Kombes Hendro Pandowo (tengah) memberikan keterangan pers soal pemerasan yang dilakukan napi Lapas Jelekong kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia