Jawa Pos

Layanan Publik dalam Satu Klik

Pemkab Trenggalek Luncurkan Aplikasi Qlue Perbaikan kualitas layanan publik menjadi salah satu sektor yang intens digenjot Pemerintah Kabupaten Trenggalek. Dengan kualitas layanan publik optimal, produktivi­tas organisasi perangkat daerah (OPD) dan masyara

-

KOMITMEN Pemerintah Kabupaten Trenggalek dalam meningkatk­an kualitas layanan publik diwujudkan dengan cara yang inovatif. Dengan mengganden­g PT Qlue Performa Indonesia, kemarin (12/4) Pemkab Trenggalek secara resmi meluncurka­n aplikasi Qlue demi mewujudkan smart city. Pendopo Manggala Praja Nugraha menjadi saksi momen bersejarah peluncuran aplikasi yang berbasis android itu.

Plt Bupati Trenggalek H Mochamad Nur Arifin mengungkap­kan aplikasi Qlue bertujuan untuk meningkatk­an kualitas masyarakat di Kabupaten Trenggalek. Hal itu untuk meningkatk­an efisiensi pelayanan yang akan memudahkan warga Trenggalek melaporkan berbagai persoalan.

Dalam perspektif Arifin, pelayanan publik sejatinya harus mudah diakses oleh semua kalangan, mudah dipantau progresnya, dan dapat dilihat output atau outcome-nya. Untuk itu, dia getol memperbaik­i kualitas pelayanan publik di kabupaten Trenggalek.

”Jadi, ini salah satu ikhtiar kami dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatka­n feedback dan pelayanan publik yang lebih prima,” paparnya.

Selama ini, kendala yang dihadapi Pemkab Trenggalek adalah masih tercecerny­a layanan pengaduan di masing-masing OPD, misalnya SMS Lapor, PSC 119 di Dinas Kesehatan, Pengendali­an Penduduk dan KB, serta nomor online di Pusdalops. ’’Kepala daerah tidak bisa langsung me-review dan memonitor apa saja yang sudah ditindakla­njuti. Harus menunggu laporan masuk dulu,” kata Gus Ipin, sapaan akrab Arifin.

Pria yang menyandang sebagai wakil bupati termuda di Indonesia itu pun berharap melalui aplikasi Qlue, masyarakat dapat menyampaik­an laporan, ide, dan gagasan secara langsung. Ini karena, platform tersebut bisa di-cover dan dimonitor dengan baik oleh dinas terkait. Saat ini, beberapa layanan dari sembilan dinas telah diakomodas­i dalam Qlue.

Aplikasi tersebut bisa diunduh bebas di Google Playstore. Gus Ipin yang juga salah seorang penggagas juga telah mengunduh dan merasakan langsung kemudahan aplikasi tersebut. ”Melalui aplikasi ini masyarakat Trenggalek tidak perlu lagi datang ke kantor, tidak perlu banyak ketik. Cukup foto dan pilih label, tinggal klik sudah terkirim,” ujar Arifin.

Persiapan secara komprehens­if pun dilakukan oleh Pemkab Trenggalek demi memberikan layanan prima. Qlue warrior atau petugas yang disiapkan dan dilatih secara khusus untuk memberi respons cepat setiap laporan atau aspirasi yang datang dari masyarakat.

Qlue warrior akan dibagi menjadi enam pasukan yang memiliki peran masingmasi­ng. Pasukan pink untuk masalah sosial, pasukan putih untuk masalah kesehatan, pasukan oranye untuk masalah insfrastru­ktur dan kebencanaa­n, pasukan biru untuk keamanan dan kertiban, pasukan kuning untuk masalah kebersihan serta pasukan merah untuk menindakla­njuti dokumen kependuduk­an.

”Di luar enam pasukan itu akan ada pasukan bayangan yang bertugas mengawasi pembanguna­n dan pungutan liar. Kerjanya secara tertutup dan tidak menggunaka­n rompi (seragam),” tutur Gus Ipin.

Sebagai tahap awal, Pemkab Trenggalek akan melakukan tahap uji coba selama enam bulan. Dengan demikian bisa diketahui tingkat efektivita­s dan performa dari aplikasi atau sistem tindaklanj­ut dari sisi pemerintah­an.

”Diharapkan penerapan selama enam bulan percobaan ini bisa mengetahui kendala di lapangan. Kita identifika­si masalah sesuai kondisi Trenggalek. Dari identifika­si masalah itu nantinya kita mantapkan penggunaan Qlue,” tegas Gus Ipin.

Gus Ipin pun berharap pelayanan publik di Trenggalek semakin baik. Bukan sekadar memudahkan laporan masalah publik, namun juga kecepatan respons terhadap setiap laporan.

”Dengan Qlue, masyarakat juga akan terlibat dalam memantau pembanguna­n dan melaporkan permasalah­an. Semoga kerja sama ini langgeng, dan memberikan kemanfaata­n maksimal bagi masyarakat Trenggalek,” pungkas Gus Ipin.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut, Director of Solution PT Qlue Performas Indonesia Dedi Irawan Sinuadji mengapresi­asi langkah Pemkab Trenggalek atas inisiatif mengganden­g Qlue untuk pelaksanaa­n pembanguna­n smart city di Trenggalek. ”Sebuah penghargaa­n untuk Pemkab Trenggalek, telah berani berubah dengan mengimplem­entasikan sistem Qlue My City, di mana warganya aktif, pemerintah­nya responsif,” kata Dedi.

 ?? PEMKAB TRENGGALEK FOR JAWA POS PEMKAB TRENGGALEK FOR JAWA POS ?? INOVASI KABUPATEN TRENGGALEK PERKUAT LAYANAN: Penerapan aplikasi Qlue diharapkan mampu memberikan energi positif bagi peningkata­n kualitas layanan publik di Kabupaten Trenggalek. KOMITMEN: Dari kiri, Chief Technology Officer PT Qlue Performas Indonesia...
PEMKAB TRENGGALEK FOR JAWA POS PEMKAB TRENGGALEK FOR JAWA POS INOVASI KABUPATEN TRENGGALEK PERKUAT LAYANAN: Penerapan aplikasi Qlue diharapkan mampu memberikan energi positif bagi peningkata­n kualitas layanan publik di Kabupaten Trenggalek. KOMITMEN: Dari kiri, Chief Technology Officer PT Qlue Performas Indonesia...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia