Jawa Pos

Jumlah Pendaftar SBM PTN Melonjak

Rata-Rata Lulusan SMA Sederajat sebelum 2018

-

SURABAYA – Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) SMA/SMK sederajat tuntas kemarin (12/4). Para siswa segera mempersiap­kan diri untuk mendaftar seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN). Beberapa sekolah membuka konsultasi.

Konsultasi itu disiapkan untuk siswa agar bisa memilih kampus dan program studi (prodi) sesuai tujuan. Humas SMAN 16 Surabaya Abdul Razzaq Thohir menyatakan, saat ini belum banyak siswa kelas XII yang mendaftar SBM PTN. Sebab, UNBK baru berakhir.

’’Memang fokus dulu dengan UNBK. Besok (hari ini, Red) mulai banyak siswa yang konsultasi ke guru BK (bimbingan konseling),’’ kata Thohir. Pihak sekolah memandu siswa dalam memilih PTN dan prodi. Konsultasi siswa dipandu guru BK, wali kelas, dan Waka kurikulum.

Menurut Thohir, sebagian besar siswa lebih memilih mendaftar SBM PTN dengan sistem ujian tulis berbasis komputer (UTBK). Pendaftara­n UTBK dilangsung­kan pada 18–27 April. Pendaftara­n SBM PTN sistem ujian tertulis berbasis cetak (UTBC) dibuka sejak 6–27 April.

Hingga kemarin pukul 18.24, total pendaftar di wilayah Panitia Lokal (Panlok) 50 Surabaya mencapai 5.072 orang. Mayoritas pendaftar memilih prodi bidang sosial dan humaniora (soshum). Jumlahnya 2.651 orang. Kemudian, pendaftar prodi sains dan teknologi (saintek) 1.847 orang dan campuran 574 orang.

Humas SBM PTN Panlok 50 Surabaya Suko Widodo mengatakan, pendaftar SBM PTN sistem UTBC terus bertambah. Pendaftar didominasi angkatan 2016–2017. ’’Justru, angkatan di bawah 2018 yang sudah banyak mendaftar. Kalau angkatan 2018 masih fokus UNBK,’’ katanya.

Di Universita­s Pembanguna­n Nasional (UPN) Veteran Jatim, pendaftar juga terus bertambah. Humas SBM PTN Rudi menuturkan, hingga kemarin pukul 15.00, total pendaftar SBM PTN sistem UTBC mencapai 1.606 orang. Itu total pilihan 1–3.

Prodi yang paling favorit adalah manajemen di fakultas ekonomi bisnis (FEB). Kemudian, prodi ilmu komunikasi di fakultas ilmu sosial dan ilmu politik (FISIP). ’’Yang mendaftar masih proporsion­al. Rata-rata masih banyak yang menunggu pengumuman SNM PTN dan pembukaan UTBK,’’ katanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia