Jawa Pos

Berebut Bayar PBB saat Pertura

Giliran Bulak Banteng Yang Disambangi

-

SURABAYA – Halaman Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kenjeran penuh sesak kemarin siang. Penyebabny­a bukan banyaknya warga yang mendaftar pernikahan. Namun, ada panggung pertunjuka­n rakyat (pertura) Dinas Komunikasi dan Informatik­a (Diskominfo) Surabaya. Ada yang datang untuk menonton hiburan. Tak sedikit yang datang karena ingin mendapat layanan dari tim Pemkot Surabaya.

’’Maaf ya Bapak-Ibu, Bu Risma (Wali Kota Tri Rismaharin­i) sebenarnya ingin sekali hadir di sini. Tapi, karena ada tugas mendadak di luar negeri, jadinya batal,’’ ucap Kepala Diskominfo Surabaya Agus Imam Sonhaji. Hiburan yang dihadirkan beragam. Antara lain, tari remo, reog, kuda lumping, dan ludruk. Hiburan musik yang disajikan pun murni campur sari. ’’Biar tidak lupa kalau ini memang seni arekarek Surabaya,’’ ungkapnya.

Selain dari luar daerah, penam- pil di panggung berasal dari wilayah Kecamatan Kenjeran, tepatnya Kelurahan Bulak Banteng. Salah satunya, anak-anak dari Bulak Banteng Bandarejo. Mereka membawakan tari cublekcubl­ek suweng. Tari tersebut terinsipra­si dari permainan

tradisiona­l zaman dulu. ’’Angelangel latihan ternyata kasete kecemplung banyu (susah-susah berlatih, ternyata kasetnya tercebur air),’’ goda Hunter Parabola, sang pembawa acara.

Di sisi sebelah barat, stan-stan pelayanan juga ramai oleh warga. Mereka tak mau kehilangan kesempatan bertemu dengan petugas. Barisan yang dibawa Sonhaji memang cukup lengkap. Mulai dari dispendukc­apil, dinas kesehatan, dinas sosial, sampai BPJS Kesehatan dan Ketenagake­rjaan. Dari semua stan, yang paling ramai dikerubuti oleh warga adalah dinas pendapatan dan pengelolaa­n keuangan.

Mereka berebut membayar pajak bumi dan bangunan (PBB) yang masih tertunggak. Padahal, warga Surabaya sebenarnya bisa membayar PBB di bank, bahkan secara online. ’’Mereka merasa lebih afdol kalau bayar ke kami dan dapat struk yang ada lambang pemkot. Jadi, setiap kali kami ikut pertura pasti minimal 120 warga yang kami layani,’’ ujar Kepala Bidang Penagihan Pajak DPPK Surabaya Agung Wibowo.

 ?? AHMAD KUSAINI/JAWA POS ?? LEBIH SREG: Warga memilih membayar langsung tagihan PBB yang tertunggak di stan yang disediakan DPPK di halaman KUA Kecamatan Kenjeran kemarin.
AHMAD KUSAINI/JAWA POS LEBIH SREG: Warga memilih membayar langsung tagihan PBB yang tertunggak di stan yang disediakan DPPK di halaman KUA Kecamatan Kenjeran kemarin.
 ?? AHMAD KUSAINI/JAWA POS ?? TRADISIONA­L: Tari reog menjadi salah satu penampilan yang paling ditunggu warga.
AHMAD KUSAINI/JAWA POS TRADISIONA­L: Tari reog menjadi salah satu penampilan yang paling ditunggu warga.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia