Jawa Pos

UNBK Tuntas, Sambut SBM PTN

Konsultasi biar Tak Salah Pilih

-

SURABAYA – Siswa SMA/MA merampungk­an ujian nasional berbasis komputer (UNBK) kemarin (12/4). Mata pelajaran pilihan menjadi penutup ujian yang berlangsun­g serentak secara nasional tersebut. Siswa pun mulai disibukkan dengan persiapan masuk ke perguruan tinggi negeri. Salah satunya, seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN).

Ada dua jenis dalam SBM PTN. Yakni, berbasis komputer dan kertas. Calon mahasiswa bebas memilih sesuai dengan keinginan masing-masing. Pilihan itu tercantum dalam tahap pendaftara­n pada website resmi SBM PTN.

Koordinato­r BK SMAN 2 Siti Ainiyah Hariz menjelaska­n, siswa kelas XII saat ini disibukkan dengan UNBK. ’’Mereka masih fokus ujian dulu,’’ ungkap Aini. Karena itu, pihaknya memperkira­kan belum banyak siswa yang mendaftar SBM PTN. ’’Waktu pendaftara­n juga masih lama. Jadi, tidak ada masalah,’’ lanjutnya.

Siswa sering kali berkonsult­asi sebelum mendaftar. Misalnya, yang dilakukan pada saat seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) beberapa waktu lalu. Siswa berkonsult­asi tentang pilihan jurusan di PTN. Selain itu, pihak sekolah memberikan trik menghadapi SBM PTN yang mewajibkan peserta melalui tes lebih dulu.

Aini menyaranka­n siswa melakukan perhitunga­n peluang untuk masuk PTN yang dituju agar tidak salah memilih jurusan dan PTN. ’’Sekolah juga memiliki datadata nilai siswa. Namun, SBM PTN ini ditentukan dari hasil tes murni,’’ jelasnya. Dengan begitu, siswa juga perlu belajar materi.

Kepala SMAN 15 Johanes Mardijono menuturkan, pihak sekolah membebaska­n siswa memilih jurusan di SBM PTN. ’’Karena tes, jadi siswa bebas menentukan pilihan,’’ katanya. Namun, lanjut dia, pihak sekolah memberikan fasilitas bila siswa ingin berkonsult­asi sebelum mendaftar.

Siswa dapat memanfaatk­an waktu setelah ujian untuk mempersiap­kan tes masuk PTN yang diinginkan. ’’PTN yang paling banyak dituju adalah Unair dan ITS. Ada pula yang memilih PTN di luar kota seperti ITB,’’ terang Johanes.

Dia berharap siswa tidak terlalu terburu-buru mendaftar, tetapi tetap memperhati­kan jadwal pendaftara­n yang telah ditentukan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia