Jawa Pos

Suka Riset Sejarah, Maju ke Babak Nasional

-

SURABAYA – Verina Marcillia dan Mochamad Akmal Prantiaji Wikanatha senang sekali riset tentang kondisi sekitar mereka tinggal. Termasuk tentang kota kelahirann­ya, Surabaya. Karena kecintaann­ya itu, dua siswa SMAN 2 tersebut berhasil menjadi perwakilan Jawa Timur dalam lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional. Kompetisi itu rencananya digelar di Aceh oleh Kementeria­n Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbu­d) pada 29 April–3 Mei.

”Saat ini sedang proses mengirimka­n karya tulis kami,” ungkap Verina. Tema yang dipilih adalah Aceh dan Islam. Siswa kelas XI tersebut mengerucut­kan tema itu menjadi pembahasan tentang peninggala­n Laksamana Cheng Ho. Salah satunya Lonceng Cakradonya. ”Keluarga saya campuran Jawa dan China,” jawab Verina tentang alasan memilih topik tersebut.

Sementara itu, Akmal memilih riset tentang pesawat Seulawah yang berkaitan dengan Soekarno. ”Sudah hampir selesai juga,” paparnya. Tidak sekadar menulis, keduanya juga melakukan riset. Mulai membaca berbagai sumber buku yang berkaitan hingga menemui pakar sejarah.

Sambil mempersiap­kan karya tulis, mereka disibukkan membuat file presentasi. Latihan bersama juga dilakukan rutin. Misalnya, mereka berlatih persentasi di depan guru setelah pulang sekolah. Dengan begitu, penguasaan materi dan mental semakin siap menghadapi perlombaan nanti. Terlebih, itu menjadi pengalaman pertama mereka. Persiapan dilakukan dengan matang. ”Semoga nanti dapat juara,” ujar mereka kompak.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia