Jawa Pos

Hari Ini Penumpang Diprediksi Melonjak

Karena Libur Long Weekend

-

SURABAYA – Lonjakan jumlah penumpang di Terminal Purabaya diprediksi meningkat pada akhir pekan ini. Terminal Purabaya melakukan persiapan dengan meningkatk­an penjagaan dan penataan alur.

Kasubnit Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Purabaya Hardjo menyatakan, setiap libur akhir pekan berpotensi terjadi lonjakan penumpang. Jumlahnya mencapai 30 ribu–40 ribu orang. Pada hari biasa, jumlah penumpang 25 ribu–28 ribu orang.

Dengan lonjakan itu, pihaknya menganggap belum perlu menambah armada bus. ’’Ar- mada yang tersedia di Terminal Purabaya masih bisa melayani,’’ katanya.

Menurut Hardjo, armada yang disiapkan pada akhir pekan ini sekitar 850 unit bus. Jumlah tersebut sama dengan hari biasa. Meski terjadi lonjakan, Hardjo meyakini tidak ada masalah. Sebab, kelangkaan bus saat libur akhir pekan bukan disebabkan jumlah penumpang yang naik drastis. ’’Tapi bus terlambat masuk ke terminal,’’ ungkapnya.

Lonjakan itu diprediksi mulai terasa hari ini. Menurut dia, persiapan yang dilakukan hanya penataan alur dan penempatan petugas di lorong penumpang. ’’Bisa jadi banyak penumpang yang belum paham alur baru di Terminal Purabaya,’’ ucapnya.

Sebelumnya, jalur bus antarkota dalam provinsi (AKDP) bercampur dengan antarkota antarprovi­nsi (AKAP). Kini keduanya dipisah. Bus AKAP berada di sisi timur, sedangkan AKDP berada di sisi barat. ’’Kami akan arahkan sejak di lorong penumpang,’’ jelas Hardjo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia