Jawa Pos

Berat untuk Melesat

-

LONDON – Manchester City seharusnya sudah bisa mengunci gelar Premier League Sabtu lalu (7/4). Sayang, pesta harus tertunda. Mereka dipaksa takluk 2-3 oleh Manchester United di Etihad. Padahal, Vincent Kompany dkk saat itu sudah leading dua gol.

Apakah City bisa menuntaska­n perburuan gelarnya pekan ini?

Itu bisa saja terjadi jika mereka berhasil meraih poin sempurna saat melawan Tottenham Hotspur di Wembley dini hari nanti WIB. Lalu, esoknya United takluk oleh West Bromwich Albion. Secara matematis, kans United untuk menang lebih besar ketimbang City. Apalagi, United bertindak sebagai tuan rumah.

Sebaliknya, kans City untuk melesat cukup berat. Sebab, Spurs sudah diperkuat Harry Kane. Bahkan, Kane langsung mencetak gol penentu kemenangan pekan lalu saat Spurs menaklukka­n Stoke City. Itu merupakan laga 90 menit pertama Kane sejak absen karena cedera malleolar pada pertengaha­n Maret lalu.

’’Sekarang laga melawan Spurs menjadi paling krusial di sisa musim kami,’’ kata Pep Guardiola, pelatih City, sebagaiman­a dikutip ESPN.

City memang masih unggul 13 poin atas United. Namun, melihat stok amunisi yang tersedia, sangat sulit bagi City untuk menambah koleksi poin. Total hanya 14 pemain yang benarbenar siap diturunkan. John Stones dan Benjamin Mendy masih dibekap cedera. Sementara itu, Fernandinh­o harus menjalani skors. ’’Sergio Aguero juga tak bisa tampil,’’ ujar Pep. ’’Dia (Aguero) sebetulnya cedera sebelum melawan Liverpool (di leg kedua perempat final Liga Champions). Tapi, dia ingin berkontrib­usi dengan tetap bermain sebagai pengganti,’’ tuturnya.

’’Dia masih bermasalah dengan lututnya setelah dilanggar Ashley Young (saat melawan United). Cedera itu membuat dia tak bisa berlatih,’’ jelas man- tan pelatih Barcelona dan Bayern Muenchen tersebut.

Di sisi lain, laga dini hari nanti bisa menjadi ajang reuni bagi Kyle Walker. Ya, laga di Wembley itu merupakan ’’comeback’’ pertama Walker ke markas Spurs setelah dibajak City awal musim ini. Walker diboyong dengan transfer GBP 50 juta (sekitar Rp 981,2 miliar). Nominal itu menjadi angka pembelian fullback tertinggi di dunia. ’’Dia (Walker, Red) bekerja dengan karakter seperti Philip Lahm dan Dani Alves. Dan, saya selalu mengatakan kepadanya bahwa tidak perlu sungkan untuk memberi masukan untuk terus menjadi lebih baik,’’ kata Pep kepada Sky Sports.

Tactician Spurs Mauricio Pochettino juga siap menyambut kedatangan Walker. Meski, selepas kepergian Walker, mereka juga sukses mendatangk­an Serge Aurier dari PSG.

’’Terkadang Anda membutuhka­n tantangan, pengalaman, dan motivasi baru. Walker, bagi saya, selalu menjadi pemain yang sudah memberikan banyak hal kepada klub begitu pula sebaliknya,’’ tutur Poche.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia