Jawa Pos

Siapkan Desain Park and Ride Anyar

-

SURABAYA – Dalam waktu dekat, Surabaya segera memiliki tambahan park and ride. Setelah di Jalan Mayjen Sungkono, pemkot kini sedang mematangka­n desain park and ride untuk beberapa titik lain. Antara lain, Jalan Adityawarm­an, Jalan Arief Rachman Hakim, dan Terminal Joyoboyo.

Gedung parkir bertingkat di Terminal Joyoboyo akan dikerjakan lebih dulu. Kepala Bidang Sarana Prasarana Dinas Perhubunga­n Faris M. Yos menjelaska­n bahwa proyek gedung park and ride Terminal Joyoboyo sudah memasuki proses lelang awal tahun ini. Sementara itu, dua proyek lainnya direncanak­an dilelang tahun depan atau selambat-lambatnya 2019.

Rencananya, gedung park and ride di Joyoboyo dibangun hingga lima lantai. ”Kami siapkan besar karena akan digabung dengan terminal antarmoda sehingga butuh banyak,” ujar Yos kemarin (13/4).

Karena skalanya cukup besar, dia menjelaska­n bahwa proyek itu tidak akan rampung tahun ini juga, tetapi masuk proyek multiyear dan diupayakan selesai sebelum 2020.

Pembanguna­nnya menghabisk­an anggaran hingga Rp 200 miliar. Namun, angka tersebut sudah termasuk pengembang­an fasilitas lain di Joyoboyo untuk menjadi terminal antarmoda, bukan hanya gedung parkir.

Sementara itu, untuk gedung parkir lainnya, Yos menuturkan bahwa dibutuhkan biaya Rp 20 miliar hingga Rp 25 miliar. Biaya tersebut bisa menghasilk­an gedung park and ride yang serupa dengan gedung eksisting di Mayjen Sungkono. Namun, semua bergantung besar kecilnya gedung itu.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? BAKAL DIPUGAR: Gedung dinas perdaganga­n mulai dibongkar. Rencananya, di sana dibangun gedung park and ride.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS BAKAL DIPUGAR: Gedung dinas perdaganga­n mulai dibongkar. Rencananya, di sana dibangun gedung park and ride.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia