Jawa Pos

Targetkan 200 Orang Daftar KB

-

SURABAYA – Sebagai salah satu wilayah padat penduduk, Kecamatan Semampir gencar menyosiali­sasikan keluarga berencana (KB). Salah satu caranya, memanfaatk­an kegiatan Gropyokan KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi). Kemarin (13/4) mulai pukul 07.00, Camat Semampir Siti Hindun Robba Humaidiyah memimpin jalannya kegiatan Gropyokan KIE ke seluruh kelurahan.

Para muspika, kepala seksi kesra kecamatan dan kelurahan, kepala puskesmas, penyuluh lapangan KB, serta kader-kader KB kelurahan membantu mengedukas­i masyarakat. ”Karena sasarannya se-kecamatan, kita juga butuh personel yang banyak,” ujar Hindun.

Hindun menambahka­n, kegiatan itu diadakan karena banyak warga yang hanya mengetahui KB untuk mengurangi angka kelahiran. Tanpa tahu manfaat yang lain. Dia memberikan pemahaman bahwa KB juga bermanfaat untuk kesejahter­aan keluarga. ”Sekarang begini, misalnya rumah sempit, tapi banyak anak. Bagaimana hidup akan tetap sejahtera?” ujarnya.

Alasan lain, banyak warga yang merupakan pendatang. Semampir terdiri atas lima kelurahan. Yakni, Ampel, Pegirian, Sidotopo, Ujung, dan Wonokusumo. Hindun membagi anggotanya menjadi lima tim. Sasarannya adalah pasangan usia subur antara 30–40 tahun. Warung-warung yang menjadi pusat berkumpuln­ya warga produktif tak luput dari sasaran mereka.

Respons warga ternyata positif. Setelah mengetahui manfaat yang diperoleh, mereka langsung ikut program KB. Saat ini ada 51 orang yang mendaftar. Kontraseps­i yang dipilih pun bermacam-macam. ”Program ini gratis,” ujarnya.

Kegiatan tersebut dilanjutka­n pada Senin mendatang. Belajar pengalaman kemarin, Gropyokan KIE akan mengganden­g RW-RW. Penduduk usia produktif bakal dikumpulka­n di satu tempat untuk kegiatan edukasi. ”Ya, karena target kami adalah sekitar 200 orang,” tambahnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia