Jawa Pos

Anggap Rehabilita­si sebagai Pesantren, Kangen Telur Puyuh Balado

Raper Iwa K Bangkit lewat Konser Batman Kasarung setelah Terjerat Narkoba

-

Atraktif dan penuh aura positif, raper Iwa K merayakan 25 tahun karirnya dengan menggelar konser Batman Kasarung. Nama Batman Kasarung dipilih lantaran personifik­asi Iwa muda yang suka keluyuran tiap malam seperti kelelawar. Itu konser pertama sejak 1994.

GLANDY BURNAMA, Jakarta

SUARA penonton langsung riuh begitu Iwa K naik ke panggung Rabu malam itu (4/4). Dalam konser yang berlangsun­g di The Pallas, SCBD, Jakarta, raper berusia 47 tahun yang mengenakan kaus basket tersebut tampil begitu energik lebih dari dua jam. Efek narkotika jenis ganja yang pernah dia pakai seolah sudah hilang. ”Malam ini bakal jadi malam yang indah,” kata Iwa sebelum melantunka­n Malam Ini Indah.

List lagu yang dipilih pun mewakili tiap fase karirnya. Lagu Bebas, Tikus Got, Nombok dong, dan Kram Otak sukses membuat para penonton bernyanyi dan bergoyang. Lantas, di lagu-lagu slow seperti Kuingin Kembali, Penantian, dan Lovely Day, Iwa menampilka­n sisi yang lebih kalem

Selain tampil solo, Iwa mengganden­g beberapa bintang tamu. Dia mengajak Saykoji, Ramengvrl, Yacko, Neo, Nikita Dompas, dan Sweet Martabak. Bagi Iwa, mereka semua adalah para pejuang musik hiphop yang konsisten. ”Mereka berkarya nggak cuma pas hiphop populer, tapi juga di saat hiphop turun pamor,” papar Iwa.

Batman Kasarung dipilih sebagai nama konser karena merupakan personifik­asi Iwa yang suka keluyuran tiap malam. Dengan mengangkat nama itu, Iwa ingin menunjukka­n bahwa konser tersebut adalah simbol perjalanan dirinya selama 25 tahun. ”Saya mengalami banyak naik-turun, belok kanan-kiri, dan ada beberapa musibah. Tapi, semua itu bikin saya jadi seperti sekarang,” katanya saat konser.

Salah satu bintang tamu di konser tersebut adalah aktor Gading Marten. Iwa dan Gading sempat tergabung dalam proyek S.O.B, di mana mereka sering tampil di berbagai pesta. Keduanya sempat bercanda di panggung. Tepat saat Iwa hendak membawakan lagu The Next Episode dari Dr. Dre, Gading tiba-tiba naik ke panggung. Tanpa ragu, putra aktor Roy Marten itu menegur Iwa. ”Woi woi, ngapain nyanyi lagu begituan? Inget lho, abis masuk pesantren,” kata Gading, membuat penonton tertawa.

Lagu The Next Episode memang memiliki lirik tentang mengisap ganja. Pesantren yang dimaksud Gading adalah RSKO Cibubur, tempat Iwa menjalani rehabilita­si. Iwa pun tertawa. ”Makasih udah ngingetin gue, Ding,” katanya. April 2016 Iwa tertangkap di Bandara Soekarno-Hatta karena membawa ganja. Dia mengaku menggunaka­nnya agar lebih fokus. Akhirnya, selama enam bulan Iwa masuk RSKO Cibubur untuk direhabili­tasi. Oktober 2017 Iwa bebas dan mulai beraktivit­as.

Saat ditemui Kamis malam (12/4) di kawasan SCBD, Jakarta, Iwa menceritak­an perjuangan­nya selama menjalani rehabilita­si. Kali pertama masuk RSKO, Iwa merasa sangat sedih. ”Hal terberat yang saya rasakan adalah berpisah dengan keluarga,” kata Iwa. Iwa bisa dibilang family man. Di sela pekerjaann­ya, Iwa selalu pulang ke rumah untuk bertemu dengan istri dan anakanakny­a. Hari-hari pertama di RSKO Cibubur dilalui Iwa dengan pikiran yang dipenuhi bayang-bayang keluarga. Yakni sang istri Wikan Resminingt­yas serta kedua anaknya, Kiara Janna Kusuma dan Mikala Saka Pandhya Kusuma. ”Seperti ada sesuatu yang hilang kalau pisah sama mereka,” katanya. Bagi Iwa, berpisah dengan keluarga adalah bentuk hukuman terberat.

Walaupun sedih, Iwa tak mau tampil sebagai orang yang kalah. Penangkapa­n di Bandara Soekarno-Hatta dianggapny­a sebagai bentuk pertanggun­gjawaban. ”Saya berani berbuat itu (menggunaka­n ganja, Red), ya harus menerima konsekuens­inya dong,” katanya. Dia menerima setiap hal yang harus dijalani dengan lapang dada agar terasa lebih ringan. Dia pun mulai membiasaka­n diri dengan kehidupan yang terisolasi. Misalnya makan. Dia dan peserta rehabilita­si lain hanya makan segala sesuatu yang disajikan RSKO. Kala itu Iwa sebenarnya mengaku kangen masakan sang istri. ”Wikan sering bikinin saya telur puyuh balado sama gulai,” katanya, lantas tertawa santai.

Hari-hari di tempat rehabilita­si diisi Iwa dengan pikiran positif. Walaupun merasa berat karena berpisah dengan keluarga, dia tetap bersyukur dan santai. Setiap sesi rehabilita­si bersama petugas dia ikuti dengan senang hati. ”Saya bersyukur, karena lewat proses ini saya seolah ditegur atas tindakan saya. Supaya nggak keterusan,” katanya. Iwa menganggap proses rehabilita­si itu sebagai hadiah, bukan musibah. Selama berada di RSKO, dia punya banyak kesempatan untuk memperbaik­i diri. Memperbany­ak salat dan berkontemp­lasi dilakukan Iwa selama mengikuti rehabilita­si. Menurut dia, masuk rehabilita­si memberinya banyak waktu untuk dekat dengan Tuhan. ”Daripada mengeluh, cuma tambah beban aja, kan?” imbuhnya.

Dia pun enggan berdiam diri. Selama rehabilita­si, Iwa membawa jurnal kecil. Di jurnal itu, setiap hal dia tulis. Entah berupa perasaan, pikiran, atau apa pun yang dia dapat selama menjalani proses rehabilita­si. Kumpulan tulisan tersebut akan menjadi materi untuk karya-karya dia selanjutny­a. Salah satunya lagu Sans yang baru saja dirilis. ”Liriknya tentang bersikap santai atau sans terhadap apa pun yang orang lain katakan,” timpal Iwa.

Selain Sans, ada dua lagu lagi dengan lirik yang berasal dari tulisan jurnal selama berada di RSKO Cibubur. Dua lagu tersebut masih digarap. Karena itu, Iwa masih enggan memaparkan secara detail lirik dan musiknya. ”Pokoknya, selama direhab, saya tetap produktif dan berkarya,” ujarnya. Iwa pun punya banyak kegiatan positif selama direhabili­tasi. Salah satunya berolahrag­a agar tak bosan. ”Saya main basket, badminton, pingpong, sama voli juga,” sahutnya. Dengan demikian, dia bisa mengalihka­n pikiran ke hal yang lebih positif.

Setelah menjalani rehabilita­si selama enam bulan, Iwa akhirnya bisa melepas rindu dengan keluarga. Hari pertama keluar dari RSKO Cibubur dia habiskan bersama keluarga. ”Saya pokoknya di rumah buat main sama anak-anak dan ngobrol banyak dengan istri,” tutur Iwa. Walaupun terdengar klise, Iwa menilai hal tersebut paling indah. Bertepatan dengan keluarnya Iwa dari rehabilita­si, Remon Nessa, manajer sekaligus teman dekatnya, mengingatk­an dirinya tentang rencana konser.

Sebenarnya konser Iwa akan diadakan lebih awal. Sayang, karena kasus yang melanda Iwa, konser itu terpaksa ditunda. ”Kebetulan, saya ketemu sama pihak promotor Kayana Delapan. Mereka masih menawarkan apakah mau konser,” kata Remon. Remon pun setuju. Dia lantas mengingatk­an Iwa tentang rencana konser yang tertunda. Momennya pun pas, di mana karir Iwa sudah mencapai 25 tahun sejak merilis album pertama pada 1993. Iwa kali terakhir mengadakan konser pada 1994. Lebih dari 20 tahun lalu. ”Awalnya mau dibikin showcase kecil. Tapi, akhirnya kami bikin konser aja supaya berkesan,” tutur Remon. (*/c11/oki)

 ?? IMAM HUSEIN/JAWA POS ?? SEPEREMPAT ABAD:
Iwa K saat konser Batman Kasarung di The Pallas, SCBD, Jakarta, Rabu (4/4).
IMAM HUSEIN/JAWA POS SEPEREMPAT ABAD: Iwa K saat konser Batman Kasarung di The Pallas, SCBD, Jakarta, Rabu (4/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia