Jawa Pos

Cari Solusi Pengganti Pugliara

-

SURABAYA – Kehilangan gelandang serang asal Argentina Robertino Pugliara ketika menjamu Sriwijaya FC pada pekan kelima Liga 1 (22/4) memang merugikan. Namun, dengan stok pemain melimpah di lini tengah, pelatih Angel Alfredo Vera memiliki banyak opsi.

Ya, Pugliara terkena kartu merah ketika melawan PS Tira (13/4) lantaran melanggar Ryan Wiradinata. Dengan begitu, untuk kali pertama musim ini, dia tidak bermain selama 90 menit di lapangan. Tanpa Pugliara, Alfredo perlu memikirkan solusi agar tidak mengganggu keseimbang­an tim.

Kalau berdasar pengalaman dan performa sejak musim lalu, tentu saja Rendi Irwan dan Misbakus Solikin menjadi opsi terbaik. Kalau ingin lebih eksplosif dan menyerang, Rendi adalah pilihan yang pas. Namun, apabila mengingink­an keseimbang­an bertahan dan menyerang, Solikin cukup oke.

Mereka juga masih memiliki opsi lain seperti Sidik Saimima, Adam Maulana, atau memainkan gelandang bertahan anyar Izaac Wanggai. Tentu saja itu bergantung kebutuhan taktik. Alfredo masih punya waktu yang cukup panjang untuk persiapan dan memilih pengganti yang pas.

Alfredo juga belum bicara soal siapa pengganti yang tepat bagi Pugliara ketika menjamu Sriwijaya. ”Saya tak bisa bilang sekarang. Masih ada waktu satu minggu untuk persiapan. Saya akan lihat perkembang­an selama latihan,” terang mantan pelatih Persipura Jayapura itu.

Siapa pengganti Pugliara memang cukup krusial. Sebab, Manajer Persebaya Chairul Basalamah meminta timnya bisa menjaga performa setelah menang telak atas PS Tira. ”Kompetisi masih sangat panjang. Jangan terlalu lama larut dengan euforia. Kami minta doanya saja agar terus maksimal,” katanya.

Tanpa Pugliara dan Otavio Dutra yang belum dipastikan kesembuhan cederanya, ketika melawan Sriwijaya, sangat mungkin hanya ada satu pemain asing Persebaya di lapangan, yakni striker David da Silva. Beruntung, performa pemain asal Brasil itu sedang on fire setelah mencetak hat-trick ke gawang PS Tira. (gus/c17/ham)

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? SOLUSI: Winger Persebaya Irfan Jaya (kiri) berebut bola dengan gelandang Misbakus Solikin dalam latihan di lapangan Polda Jatim, Surabaya.
DIPTA WAHYU/JAWA POS SOLUSI: Winger Persebaya Irfan Jaya (kiri) berebut bola dengan gelandang Misbakus Solikin dalam latihan di lapangan Polda Jatim, Surabaya.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia