Jawa Pos

John Isner Masuk Klub 10 Ribu Ace

-

HOUSTON – John Isner kembali mengukir sejarah. Setelah merebut gelar ATP Master pertama di Miami Open pada 26 Maret, petenis Amerika Serikat (AS) itu kemarin resmi masuk barisan pencetak 10 ribu ace.

Isner membukukan rekor tersebut saat kalah oleh Steve Johnson pada perempat final US Men’s Clay Court Championsh­ip di River Oaks Country Club, Houston, dengan skor 6-7(4), 6-4, 6-7(5). Meski kalah, Isner mencetak 28 kali ace.

Hanya tiga petenis lain yang mampu mencapai jumlah ace

sebanyak itu selain Isner. Yakni, petenis Kroasia Ivo Karlovic (12.622 ace), petenis Swiss Roger Federer (10.463 ace), dan petenis Kroasia Goran Ivanisevic dengan 10.131 ace. Isner mencatat total 10.009 ace.

”Sepuluh ribu adalah raihan yang luar biasa. Tapi, memang sedikit pahit dengan kekalahan malam ini (kemarin, Red). Tapi memang begitulah kadang-ka- dang,” ucap Isner seperti dilansir situs resmi ATP.

Sementara itu, Karlovic sampai saat ini menjadi satu-satunya petenis yang mampu menembus lebih dari 11.000 ace sepanjang karir. Petenis 39 tahun tersebut kemarin juga melaju ke semifinal dengan menumbangk­an petenis Australia Nick Kyrgios 3-6, 6-2, 6-3.

Lebih dari itu, menembus empat besar membuat Karlovic tercatat sebagai petenis tertua kedua yang mampu menembus semifinal ajang ATP Tour dalam 25 tahun terakhir. Terhitung sejak Jimmy Connors tampil di semifinal San Francisco Open pada 1993. Saat itu Connors berusia 40 tahun.

Jika mampu menembus final, Karlovic bakal membuat rekor lain. Yakni, petenis tertua kedua yang tampil pada final ATP Tour dalam 41 tahun terakhir. Rekor itu kini dipegang Ken Rosewall yang tampil pada final Hongkong Open 1977 di usia 43 tahun. (irr/c10/ca)

 ?? RICK MUSACCHIO/EPA-EFE ?? RAJA SERVIS: Petenis AS John Isner saat tampil pada Piala Davis melawan Belgia di Tennessee (6/4).
RICK MUSACCHIO/EPA-EFE RAJA SERVIS: Petenis AS John Isner saat tampil pada Piala Davis melawan Belgia di Tennessee (6/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia