Jawa Pos

Setelah 16 Tahun, Pacman Depak Roach

-

MANILA – Berakhir sudah kemesraan Manny Pacquiao dengan Freddie Roach. Setelah bersama selama 16 tahun, kemarin Pacquiao memecat Roach sebagai pelatih. Keduanya sudah bekerja sama dalam 34 pertarunga­n. Pacquiao menunjuk sahabatnya sendiri, Restituto ’’Buboy” Fernandez, sebagai pengganti Roach.

Fernandez bakal berpartner dengan Raides ’’Nonoy” Neri untuk mempersiap­kan Pacquiao menghadapi pertarunga­n kontra juara dunia WBA kelas welter asal Argentina Lucas Matthysse pada 15 Juli di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia.

Di bawah asuhan Roach, Pacquiao meraih capaian hebat. Dia menjadi satu-satunya petinju yang jadi juara dunia di delapan kelas berbeda. Atas capaian gemilang anak asuhnya itu, Roach tercatat tujuh kali meraih predikat Trainer of the Year. Namanya juga tercatat dalam Internatio­nal Boxing Hall of Fame sejak 2012.

Hubungan Roach dengan Pacman –julukan Pacquiao– mulai renggang pasca pertarunga­n terakhir kontra Jeff Horn pada 2 Juli 2017 di Brisbane, Australia. Dalam duel tersebut, Pacquiao kalah dengan angka mutlak dan kehilangan sabuk juara dunia kelas welter WBO.

Pacquiao merasa dirugikan dengan penilaian juri. Di sisi lain, Roach tidak mengeluark­an statement seirama. Pelatih 58 tahun itu mengakui, fisik Pacman melemah pada usia 39 tahun. Roach menyaranka­n agar petinju asal Filipina tersebut rematch kontra Horn atau pensiun. Pernyataan itu menyakiti hati Pacquiao.

’’Kami bekerja sama dengan baik selama 16 tahun. Itu lebih lama dari banyak usia pernikahan di luar sana,” ucap Roach, sebagaiman­a dilansir ESPN.

Roach mengaku tidak dihubungi Pacman secara langsung perihal pemutusan kerja sama tersebut. ’’Bohong jika saya tidak sakit hati. Tapi, kami telah banyak melewati masa indah. Tidak ada yang saya harapkan untuk Manny selain yang terbaik,” ujarnya.

 ?? KYLE TERADA-USA TODAY SPORTS ?? MEMBAIK: Bintang Golden State Warriors Stephen Curry (kanan) disambut pelatih Steve Kerr ketika mengalami cedera pada kuarter pertama laga melawan San Antonio Spurs di Oracle Arena (8/3).
KYLE TERADA-USA TODAY SPORTS MEMBAIK: Bintang Golden State Warriors Stephen Curry (kanan) disambut pelatih Steve Kerr ketika mengalami cedera pada kuarter pertama laga melawan San Antonio Spurs di Oracle Arena (8/3).
 ?? KIM TIBLANI/EPA ?? TANGGUH: Manny Pacquiao berjalan di depan pasukan saat tiba di Bandara General Santos, Filipina, tahun lalu.
KIM TIBLANI/EPA TANGGUH: Manny Pacquiao berjalan di depan pasukan saat tiba di Bandara General Santos, Filipina, tahun lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia